Produksi Kakao Petani Lampung Timur Meningkat

id Produksi Kakao Petani Lampung Timur Meningkat

Lampung Timur (ANTARA LAMPUNG) - produksi kakao petani di Kabupaten Lampung Timur terus meningkat, seiring harga jual kakao yang tinggi dalam dua pekan ini, sehingga petani giat memaksimalkan perawatan tanaman kakao di daerah itu.

Menurut Subur, petani kakao Mataram Baru Lampung Timur, Sabtu (15/2), harga kakao sekarang sekitar Rp20.000--Rp21.000 per kilogram di tingkat petani dan Rp25.000--Rp30.000/kg di tingkat pengumpul.

Para petani di sini, lanjutnya, berupaya memaksimalkan perawatan guna meningkatkan produksi dan kualitas kakao agar lebih baik dari sebelumnya sehingga berpengaruh terhadap harga jual komoditas ini.

Menurutnya, hasil panen kakao mengalami kenaikan serta didukung curah hujan yang mencukupi.

"Jika bulan lalu kebun kakao kami hanya bisa menghasilkan 0,5 kuintal per hektare dalam sekali panen. Jika sebelumnya menghasilkan 15 kuintal lebih per hektare/bulan, bulan ini panen meningkat hingga mencapai 35 kuintal per hektare," katanya lagi.

Ia menjelaskan dengan peningkatan produksi tersebut, jelas berpengaruh terhadap pendapatan para petani, apalagi harga kakao saat ini cukup tinggi.

Untuk meningkatkan produksi kakao, para petani di daerahnya berupaya memberikan perlakuan dan perawatan secara intensif pada tanaman mereka.

Dinas Perkebunan dan Kehutanan Lampung Timur menyebutkan luas areal perkebunan kakao di kabupaten tersebut mencapai 9.585,75 hektare dengan produksi 5.828.203 ton per tahun.