PT Pertamina Salurkan Bantuan untuk Korban Kelud

id PT Pertamina Salurkan Bantuan untuk Korban Kelud

Surabaya (ANTARA LAMPUNG) - PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region V Jatim, Bali, Nusra menyalurkan dana senilai Rp150 juta untuk membantu meringankan beban para korban letusan Gunung Kelud (1731 mdpl).

"Upaya ini sebagai bentuk tanggap cepat kami saat mengetahui adanya bencana," kata "General Manager Marketing Operation Region V" PT Pertamina (Persero) Giri Santoso, saat pelepasan bantuan yang dilaksanakan di Kantor Pertamina Region V di Surabaya, Jumat (14/2).

Ia menjelaskan, bantuan yang dikirimkan bukan disalurkan berupa dana melainkan berbentuk peralatan memasak sebanyak 200 unit kompor bertekanan tinggi. Total dana yang dialokasikan untuk pembelian kompor itu senilai Rp36,4 juta.

"Lalu, 560 tabung elpiji tiga kilogram atau senilai Rp75,6 juta," ujarnya.

Selain itu, katanya lagi, Pertamina juga memberikan bantuan sejumlah bahan kebutuhan pokok, obat-obatan, perlengkapan mandi, keperluan anak, dan balita. Secara keseluruhan, bantuan tersebut mencatatkan nominal Rp50 juta.

"Kami berharap bantuan ini dapat langsung dimanfaatkan oleh korban, mengingat kejadian bencana berlangsung cukup cepat dan kemungkinan belum banyak bantuan yang datang," katanya.

Ia menambahkan, seluruh bantuan tersebut dikirim ke Posko Utama Bencana di lokasi yang terdata cukup parah di Kediri dan Blitar. Kemudian, didistribusikan oleh petugas Posko ke titik-titik pengungsi.

"Kompor dan tabung elpiji kami berikan untuk keperluan dapur umum di wilayah-wilayah pengungsian. Apalagi, jumlah pengungsi ribuan," ujar dia.

Ia optimistis, bantuan kompor dan elpiji itu bisa menunjang kinerja petugas dapur umum dalam penyiapan makanan untuk para pengungsi agar dapat semakin cepat.

"Sebelumnya Pertamina Peduli juga telah menyumbang sejumlah bantuan terkait bencana di Jawa Timur, termasuk korban bencana longsor di Situbondo," katanya lagi.

Bantuan untuk korban longsor tersebut, ujarnya, diserahkan pada Selasa (4/2) Pertamina Peduli memberikan sembako ke lokasi posko bencana di Desa Mojodungkul, Kec Subo, Kab Situbondo diterima oleh Camat setempat dan perwakilan BPBD.