Erupsi Gunung Kelud, AirAsia Tawarkan Pilihan

id Erupsi Gunung Kelud

Jakarta (Antara Lampung) - Maskapai penerbangan AirAsia Indonesia menawarkan dua pilihan terkait pembatalan sejumlah penerbangan akibat dari erupsi Gunung Kelud yang mengganggu sejumlah jadwal penerbangan di beberapa bandar udara di Tanah Air.
        
"Tiket penerbangan yang dibatalkan tersebut tidak hangus, dan penumpang dapat memilih salah satu dari dua opsi yang kami sediakan," kata Presiden Direktur AirAsia Indonesia Dharmadi, Jumat.
        
Ia memaparkan, AirAsia Indonesia menyediakan pilihan "reschedule" (pemindahan jadwal penerbangan) dan "credit shell" (deposit di AirAsia senilai harga tiket yang dapat digunakan).
        
"Reschedule" adalah pemindahan jadwal penerbangan di rute yang sama maksimal tujuh hari setelah pembatalan penerbangan tanpa dikenai biaya.
        
Sedangkan "credit shell" yaitu deposit di AirAsia senilai harga tiket yang dapat digunakan untuk pembelian tiket AirAsia lainnya dengan masa berlaku tiga bulan.
        
"AirAsia membatalkan seluruh penerbangan dari dan menuju Surabaya serta Yogyakarta demi alasan keamanan dan keselamatan penerbangan menyusul erupsi Gunung Kelud yang menyebabkan hujan abu vulkanik di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah," ujar Dharmadi.

 Adapun penerbangan yang dibatalkan secara terperinci antara lain Surabaya-Jakarta, Surabaya-Denpasar, Surabaya-Medan, Surabaya-Semarang, Surabaya-Ujung Pandang, Surabaya-Bangkok, Surabaya-Johor Bahru, Surabaya-Kuala Lumpur, dan Surabaya-Penang.
        
Rute penerbangan lainnya dari AirAsia yang dibatalkan akibat erupsi Gunung Kelud adalah Surabaya-Singapura, Semarang-Singapura, Yogyakarta-Jakarta, Yogyakarta-Bali, Yogyakarta-Kuala Lumpur, dan Solo-Kuala Lumpur.