Agenda Kegiatan HPN 2014 Di Bengkulu

id Agenda Kegiatan HPN 2014 Di Bengkulu, Pers, Wartawan, Jurnalis, Wisata, Kominfo, Presiden, SBY, Penyu, Lingkungan, Pameran

Agenda Kegiatan HPN 2014 Di Bengkulu

Ketua PWI Provinsi Lampung, Supriyadi Alfian (kanan) menerima pengalungan selendang kain khas Bengkulu oleh Panitia Induk Pemprov Bengkulu, di Bandara Fatmawati Soekarno, Bngkulu, Kamis (6/2). (ANTARA FOTO/M.Tohamaksun)

Setibanya di Bengkulu, rombongan disambut dengan pengalungan selendang kain khas Bengkulu lalu diterima di ruang VIP bandara Fatmawati, bergabung dengan rombongan sejumlah pengurus PWI provinsi lainnya."
 

Bengkulu (Antara) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung mengirimkan sekitar 45 orang pada rangkaian puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) di Provinsi Bengkulu, 6-10 Februari 2014.

Rombongan pertama yang dipimpin Ketua PWI Provinsi Lampung Supriyadi Alfian S.Kom MH sebanyak 14 orang tiba di Bandara Fatmawati Soekarno, Bengkulu, Kamis siang, disambut oleh panitia induk dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu dan pejabat dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) BKKBN Provinsi Bengkulu.

Setibanya di Bengkulu, rombongan disambut dengan pengalungan selendang kain khas Bengkulu lalu diterima di ruang VIP bandara Fatmawati, bergabung dengan rombongan sejumlah pengurus PWI provinsi lainnya.

Ketua PWI Provinsi Lampung, Supriyadi Alfian, yang juga Pemimpin Umum/Pemimpin Redaksi Harian Bandarlampung News (BLN) itu menjelaskan, rombongan sekitar 40 hingga 45 orang itu terdiri atas peserta, peninjau, dan undangan.

Para peserta HPN dari masing-masing daerah sebanyak lima orang, yaitu ketua dan sekretaris PWI, Ketua Dewan Kehormatan Daerah (DKD) PWI, Ketua Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI), dan Ketua Seksi Wartawan Olahraga (SIWO).

Khusus peninjaua, dari Lampung cukup banyak, karena selain dari jajaran pengurus harian PWI provinsi dan IKWI, juga banyak dari pengurus dan anggota PWI kabupaten/kota di Lampung, sedangkan undangan antara lain dari pemerintah provinsi, yakni gubernur dan kepala dinas Kominfo.

Staf Sekretariat PWI Provinsi Lampung, Hermansyah Soleh menjelaskan, selain peserta yang berangkat ke Bengkulu menggunakan pesawat transit via Bandara Soekarno-Hatta, sebagian besar para peninjau dari Lampung berangkat jalan darat.

"Jumlah peninjau dari PWI kabupaten/kota di Lampung cukup banyak, misalanya dari Kabupaten Pringsewu, Lampung Selatan, Lampung Utara, Tulangbawang Barat, dan Kabupaten Tanggamus. Dari Lampung Selatan saja ada sekitar 20 orang, Pringsewu 10 orang, dan Lampung Utara tiga orang," katanya.

Baik Supriyadi Alfian maupun Hermansyah Soleh menjelaskan, para peserta dan peninjaua HPN asal Lampung itu akan mengikuti seluruh rangkaian acara HPN di Benkulu, yang berlansung sejak tanggal 6 sampai dengan 10 Februari 2014.

Sesuai agenda Hari Pers Nasional yang disusun oleh panitia, sejumlah ancara yang digelar adalah Pembukaan Pameran Expo Hari Pers Nasional di Sport Centre Pantai Panjang Bengkulu (Kamis, 6/2), lalu Literasi Media di Universitas Benkulu, Workshop Media Literasi, Peresmian Perpustakaan Pers Bengkulu, Karnaval Hari Pers, CEO Media Conference (SPS), dan ramah tamah dengan gubernur Bengkulu (Jumat, 7/2).

Selanjutnya pada hari Sabtu (8/2) acara akan diisi sejumlah kegiatan, yakni Ikan Bakar Sepanjang Pantai Panjang (Rekor MURI), Seminar Nasional IKWI, Bakti Sosial, Konvensi Medi Massa, Publik Bertanya Pers Menjawab, Malam Anugerah IPMA & INMA (SPS), Santap Malam Bersama wali kota Bengkulu.

Puncak acara HPN 2014 dan HUT ke-68 PWI sendiri akan berlangsung di Benteng Malborough, Bengkulu pada hari Minggu (9/2), yang antara lain akan ditandai dengan penyerahan buku dari Ketua Umum PWI Pusat Margiono kepada Presiden RI, Penghargaan Istimewa Sahabat Pers, Penghargaan Kepeloporan Pelatih Wartawan, dilanjutkan pendatanganan prasasti (Program Daerah).

Acara lainnya peninjauan Tugu Pers oleh Presiden RI, Penanaman Pohon dan Pelepasan anak penyu oleh Presiden (Simbolis), Nonton Bareng Film "Soekarno".

Beriktnya acara Serikat Penerbit Suratkabar (SPS) berupa Malam Anugerah Indonesia Tourism Awards & Summit, Temu Wartawan Asean Bersama CAJ dan Menpen Malaysia, dan acara Hiburan Rakyat (WALI).

Acara terakhir pada Senin (10/2) adalah City Tour ke objek wisata Kota Bengkulu, dilanjutkan peserta kembal ke daerah masing-masing.
Editor: M. Tohamaksun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar