Airin Tersangkut Korupsi Wawan?

id Airin Tersangkut Korupsi Wawan?

Jakarta (ANTARA LAMPUNG) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) enggan berspekulasi mengenai keterlibatan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany dalam kasus yang menjerat suaminya Tubagus Chaeri Wardana atau Wawan.

"Rumah Airin kami geledah lantaran di sana masih ada jejak dari dugaan harta hasil TPPU dari Wawan," kata Juru Bicara KPK Johan Budi di kantornya, Selasa (28/1).

Kemungkinan tersangkutnya Airin dalam kasus Wawan mengemuka setelah KPK menggeledah sejumlah aset milik Wawan di beberapa lokasi termasuk rumah walikota Tangerang Selatan itu.

Johan mengatakan KPK belum menetapkan Airin terlibat. "Sampai saat ini Airin belum tersangkut oleh kasus Wawan karena belum ada bukti yang mengarah kepadanya," katanya.

Sementara itu, KPK telah menyita sejumlah aset dari Wawan seperti sejumlah kendaraan dan dokumen penting.

Pada Selasa, KPK menyita empat mobil yang diduga memiliki keterkaitan dengan TPPU oleh Wawan.

Mobil-mobil mewah itu seperti Lamborghini, Ferrari, Bentley dan Roll Royce. Kendaraan tersebut disita dari ruang pamer di kawasan Tanah Abang, Jakarta.

Sementara itu, pada Senin (27/1), KPK menggeledah tujuh lokasi yang diduga terdapat jejak TPPU yang dilakukan oleh Wawan.

Terdapat tujuh lokasi yang digeledah KPK termasuk rumah dinas Airin di Jalan Sutera Narada V No 16 Alam Sutera, Tangerang Selatan.

Selain itu, dua lokasi rumah Wawan Jakarta Selatan juga tak lepas dari penggeledahan.

KPK juga menggeledah rumah karyawan Wawan di Cipocok Jaya-Serang dan Kompleks Girya Serang Asri, Serang, Banten.

Tempat lain yaitu rumah direktur utama PT Mikindo Adiguna Pratama Dadang Prijatna di Taman Graha Asri, Serang, Banten. Dan lokasi terakhir adalah rumah salah seorang kepercayaan Wawan, Dadan Sumpena di Taman Graha Asri Blok CC5 No 13.

Wawan diduga melakukan pencucian uang dalam dengan menempatkan, mentransfer, mengalihkan, membelanjakan, membayarkan, menitipkan dan mengubah bentuk kekayaannya yang diduga hasil dari TPPU.