Pesawat Kenya Gempur Pangkalan Al-Shabaab

id Pesawat Kenya Gempur Pangkalan Al-Shabaab

Nairobi (Antara/Reuters) - Militer Kenya menyatakan, sejumlah pesawat tempurnya Kamis membom lokasi-lokasi yang dikuasai gerilyawan Al-Shabaab di Somalia, sebagai pembalasan atas serangan di pusat perbelanjaan Nairobi yang menewaskan sedikitnya 67 orang.
           
Pasukan Pertahanan Kenya mengatakan, mereka menghancurkan sebuah kamp pelatihan yang digunakan anggota-anggota Al-Shabaab yang menyerang Westgate Mall pada 21 September.
           
Senin, serangan pesawat tak berawak Kenya menewaskan dua anggota ternama kelompok militan tersebut.
           
"Ini merupakan bagian dari misi lebih luas AMISOM (pasukan penjaga perdamaian Afrika dukungan PBB di Somalia), yang menyerang lokasi dimana Al-Shabaab melakukan pelatihan. Para penyerang Westgate berlatih di sana," kata Kolonel Cyrus Oguna, seorang juru bicara militer Kenya, kepada Reuters.
           
"Kami telah mengamati daerah khusus ini selama beberapa waktu, dan kami bergerak masuk ketika kami memperoleh lampu hijau," katanya.
           
Kamp itu menampung lebih dari 300 gerilyawan, banyak dari mereka diyakini tewas atau cedera, kata Pasukan Pertahanan Kenya (KDF) dalam sebuah pernyataan. Menurut Oguna, serangan terhadap pangkalan militan itu akan terus dilakukan.
           
Al-Shabaab membantah telah terjadi serangan.

 
Penerjemah/Redaktur : M Suratmadi/Hisar Sitanggang
Editor :
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar