Bupati Muklis Basri Sambut Sultan Sekala Brak

id Bupati Muklis Basri Sambut Sultan Sekala Brak

Liwa, Lampung (ANTARA LAMPUNG) - Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri dan Wakil Ketua DPRD setempat Suaidi Damhuri siap menyambut secara adat kepulangan Paduka Yang Mulia Saibatin Peniakan Dalom Beliau (SPDB) Pangeran Edward Syah Pernong Sultan Sekala Brak Yang Dipertuan ke-23.

"Beliau dijadwalkan tiba di Lampung Jumat siang ini setelah bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta dengan pesawat Garuda," ujar Juru Bicara Gedung Dalom Kepaksian Pernong Seem R Canggu gelar Raja Duta Perbangsa, di Liwa, Lampung Barat, Jumat (18/10).

Pada Jumat (27/9), Pangeran Edward Syah Pernong mendapat kenaikan pangkat menjadi Brigadir Jenderal yang pengukuhannya dilangsungkan di Mabes Polri Jl Trunojoyo Jakarta Selatan oleh Kapolri Jenderal Timur Pradopo.

Sebagai wujud rasa syukur dan "hanggum" segenap komunitas Kerajaan Adat Paksi Pak Sekala Brak Kepaksian Pernong atas anugerah kenaikan pangkat tersebut, kata Seem lagi, kedatangan SPDB itu akan disambut secara adat di Bandara Raden Inten II Lampung.

Selain Bupati dan Wakil Ketua DPRD Lampung Barat, Saibatin lima Marga Way Handak (Kalianda), para Raja Jukkuan Paksi dan masyarakat adat yang ada di Bandarlampung serta Tanggamus akan menyambut kepulangan itu, setelah menyandang pangkat Brigjen," kata Seem lagi.

SPDB adalah alumnus Fakultas Hukum UGM Yogyakarta yang mengawali karier di kepolisian sejak tahun 1984, setelah menyelesaikan sekolah perwira.

Menurut rencana, setelah tiba di Bandara Raden Intan II, dia akan menuju Taman Makam Pahlawan Kedaton Bandarlampung untuk berziarah di makam akan atau ayah, kakek dan dua pamannya.

Pada Sabtu pagi (19/10), SPDB yang pernah menjadi Kapolres Bandung Tengah, Kapolres Metropolitan Bekasi, Kapolres Metropolitan Jakarta Barat, dan Kapolwiltabes Semarang itu, akan melanjutkan perjalanan ke Bumi "Beguai Jejama Sai Betik" Lampung Barat, mampir dulu berziarah di Kotabumi-Lampung Utara dan shalat sunah di Masjid Az-Zaurah Canggu, kemudian akan disambut secara adat di "Gedung Dalom".

Pada malam harinya, kata Seem lagi, SPDB yang pernah dipanggil oleh Presiden HM Soeharto ke Istana Negara untuk menerima penghargaan atas prestasi kesatuan dipimpinnya dalam mengungkap kasus perampokan dan pemerkosaan yang dikenal dengan peristiwa Acan saat SPDB masih berpangkat letnan satu dan menduduki jabatan Kasatreskrim Polres Metropolitan Bekasi, akan menyaksikan acara "nyambai".

Lalu, pada Minggu (20/10), SPDB yang juga mantan Kasat Serse Polres Metropolitan Jakarta Pusat yang berhasil mengungkap kasus Robot Gedek dan menangkapnya di Tegal, Jawa Tengah itu, akan berziarah di luwah batin Tambak Bata, dan malam harinya syukuran dilanjutkan dengan penobatan beberapa Raja Suku.

Selain itu, SPDB yang juga pernah menggulung persoalan Syekh Puji hingga sampai ke meja hijau dan divonis inkracht 4 tahun penjara oleh, sebagai bentuk perlindungan terhadap anak di bawah umur, akan menganugerahkan beberapa penghargaan adat bertempat di ruang Margasana Gedung Dalom, demikian Seem R Canggu.