IBI Darmajaya Siap Buka "France Corner"

id IBI Darmajaya Siap Buka France Corner

Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Sejalan dengan moto untuk selalu `One Step Ahead toward Globalization`, Institut Informatika dan Bisnis (IBI) Darmajaya segera membuka "France Corner" atau Warung Prancis dalam waktu dekat.

Rektor IBI Darmajaya Dr Andi Desfiandi SE MA, di Bandarlampung, Rabu (25/9), menyatakan dengan adanya "France Corner", dapat menambah informasi kebudayaan dan segala hal tentang Prancis bisa diakses oleh mahasiswa.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bentuk implementasi upaya IBI Darmajaya dalam memberikan pelayanan prima kepada sivitas akademika dan publik.

"Pembukaan France Corner akan menjadi sumber informasi belajar budaya Prancis, dan yang tidak kalah penting bagi Darmajaya adalah sebagai langkah nyata Kampus Biru dalam meningkatkan pergaulannya di tingkat internasional. Sebagai pusat informasi, diharapkan akan membangun sikap kooperatif dan saling memahami bagi kedua negara melalui pemahaman antarbudaya yang dapat dicapai dengan baik," kata Andi pula.

IBI Darmajaya telah menyepakati kerja sama internasional berupa Memorandum of Agreement (MoA) antara IBI Darmajaya dan Institut Francais Indonesia (IFI) yang ditandatangani Rektor IBI Darmajaya Dr Andi Desfiandi SE MA dan Konselor Kerja sama dan Kebudayaan Kedutaan Besar Prancis di Indonesia sekaligus sebagai

Direktur Institut Prancis di Indonesia/IFI, Bertrand de Hartingh, belum lama ini.

Kepala International Office IBI Darmajaya Rahmalia Syahputri SKom MEngSc mengatakan, "France Corner" berfungsi sebagai pusat informasi mengenai budaya dan masyarakat Prancis, dan juga sebagai sumber informasi mengenai beasiswa dan kesempatan studi di Prancis bagi para mahasiswa IBI Darmajaya.

IFI juga akan mengadakan kegiatan bulanan bagi mahasiswa IBI Darmajaya yang berkaitan dengan bahasa, budaya, pengetahuan, dan belajar di Prancis.

"Mahasiswa bisa mengetahui Prancis dari buku literatur, video, film, dan sebagainya. Informasinya bisa tentang seni budaya, pendidikan, politik, bahasa, fotografi, dan sebagainya, termasuk beasiswa studi ke Prancis, dan akan ada petugas yang melayaninya," katanya pula.

Para pengunjung dapat mengakses DVD, kaset, dan buku-buku, juga beragam informasi tentang negara dengan ikon Menara Eiffel itu.

IBI Darmajaya memang memiliki visi `go international`, sehingga selain kerja sama pendidikan, penelitian, dan sebagainya, terjalin pula kerja sama budaya, ujar Rahmalia.