Orang Terkaya China Bangun Studio Film Terbesar

id Orang Terkaya China Bangun Studio Film Terbesar

Qingdao (Antara/Xinhua-0ANA) - Dalian Wanda Group, yang dimiliki oleh orang terkaya di China, Wang Jianlin, Minggu mengumumkan rencana untuk membangun studio film yang terbesar di dunia di kota pesisir timur di Qingdao.
        
Konglomerat properti dan hiburan itu bermaksud untuk menginvestasikan 30 miliar yuan (hampir lima miliar dolar AS) di Qingdao Oriental Movie Metropolis, yang akan terdiri dari 20 studio termasuk satu - yang Wanda katakan akan menjadi yang dunia terbesar -seluas 10.000 meter persegi dan satu panggung bawah air permanen.
        
Taman seluas 540 hektar itu akan mencakup sebuah bioskop, museum lilin, pusat pameran, klub kapal pesiar, hotel dan fasilitas budaya serta wisata lainnya.
        
Diharapkan pembangunannya akan selesai pada tahun 2017, taman tersebut akan menjadi tuan rumah bagi sekitar 30 kelompok produksi asing dan setidaknya 100 tim dalam negeri setiap tahunnya.
        
Wang, yang mendapatkan operator cinema AMC yang berbasis di Amerika tahun lalu, memiliki harapan tinggi untuk industri film China, memperkirakan film terlaris negeri itu akan melampaui  Amerika Serikat pada tahun 2018. Dia mengharapkan pendapatan film domestik menjadi dua kali lipat dari AS pada tahun 2023.
        
Pusat itu adalah bagian dari strategi pengembangan budaya Wang dan upaya untuk menciptakan merek budaya Cina.
        
Dengan potensi besar yang datang dari populasi 1,3 miliar, industri film global akan mengakui bahwa semakin cepat Anda bermitra dengan China, semakin cepat pula Anda menghasilkan lebih banyak uang, katanya.
    

Penerjemah/Redaktur : A Krisna/Hisar Sitanggang