Bayi Kelainan Kepala Asal Lampung Dirawat RSCM

id Bayi Kelainan Kepala Asal Lampung Dirawat RSCM

Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Alvin Raditya (2,5 bulan) penderita kelainan pada bagian kepala "multianomali" asal Kabupaten Lampung Selatan kini telah dirawat di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta.

Informasi dari RSCM di Jakarta, Senin (23/9), memastikan kini bayi Alvin itu mendapatkan perawatan yang diperlukan setelah mendapatkan perhatian dari pejabat tinggi asal Lampung, Zulkifli Hasan yang juga Menteri Kehutanan.

Alvin sejak Jumat (23/8) telah dirujuk ke RSCM Jakarta, namun baru mendapatkan kamar pada Rabu (18/9), beberapa saat akan dibesuk oleh Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan.

Saat itu, Menhut yang berasal dari Lampung Selatan itu menilai, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan tidak menjalin kerja sama secara baik dengan pihak RSCM.

Zulkfili membenarkan, saat membesuk Alfin pada Rabu (18/9) pagi sekitar pukul 09.00 WIB, Alfin baru saja dipindahkan ke Gedung A RSCM Jakarta itu.

Menhut sempat berpesan kepada beberapa wartawan asal Lampung yang diajak menjenguk Alvin untuk menyampaikan kepada Dinas Kesehatan Lampung Selatan agar menjalankan kerja sama yang baik dengan pihak RSCM.

Hal itu, menurut Menhut, berdasarkan laporan dari bagian penerangan RSCM bahwa Dinas Kesehatan Lampung Selatan itu belum melakukan kerja sama yang diperlukan itu.

Secara terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Jaminan dan Sarana Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan Sumedi menjelaskan bahwa Alfin Raditya merupakan rujukan dari RSU dr H Abdul Moeloek (RSUDAM) Bandarlampung.

Namun, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Selatan sebelumnya telah meminta kepada Paul, salah seorang dokter di Kecamatan Bakauheni untuk ikut mengantar pasien itu sampai ke RSCM Jakarta.

Padahal sebenarnya bukan tugasnya lagi, mengingat pasien tersebut rujukan dari RSUDAM Bandarlampung yang seharusnya menjadi tugas pihak Provinsi Lampung.

Menurut dia, secara teknis pasien rujukan dari RSUDAM Bandarlampung ke RSCM Jakarta biayanya ditanggung dengan dukungan dana APBD Provinsi Lampung melalui program Jaminan Kesehatan Semesta (Jamkesta).

"Mungkin yang dimaksud pihak RSCM Jakarta kerja sama yang harus dilakukan adalah koordinasi sebelum pasien dibawa ke RSCM Jakarta," kata Sumedi lagi.

Pada awal sampai di RSCM, Selasa (17/9) malam, pasien Alfin Raditya masih berada di ruangan rumah sakit namun belum mendapatkan kamar khusus yang diperlukan.

Namun, keesokan harinya pada saat Menhut berkunjung ke RSCM untuk membesuknya, Alvin segera dipindahkan ke kamar "Picu" di rumah sakit rujukan nasional itu.

Menhut menjenguk Alfin untuk memberikan bantuan bagi pengobatannya, dan kebetulan dia berasal tidak jauh dari kampung halamannya yaitu Dusun Wayapus Desa Bakauheni Kecamatan Bakauheni di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.