Harga Gula Aren Melambung

id gula

Harga Gula Aren Melambung

Pengrajin Gula Merah di Pesawaran, Lampung (ANTARA/Agus Setyawan)

Waykanan, Lampung, (Antara Lampung) - Harga gula aren di Kabupaten Waykanan melambung tinggi atau mengalami kenaikan 100 persen dari harga sebelumnya akibat tingginya permintaan atas komoditas itu.
        
"Harga sebelumnya Rp15 ribu per kilogram, sekarang menjadi Rp30 ribu per kilogram," kata Jasmanah, pedagang di Pasar Pemda Waykanan yang berada sekitar 220 km sebelah utara Kota Bandarlampung, Kamis.
        
Tingginya harga gula aren membuat Jasmanah hanya memiliki sedikit stok atas komoditas itu. Adapun komoditas lain berasal dari pohon aren yakni kolang-kaling, juga cukup diminati.

 
"Setiap jualan sekitar 30 hingga 40 kilogram bisa habis," ujarnya yang mengaku mengambil komoditas itu dari petani di Kecamatan Kasui Kabupaten Waykanan.
        
"Harga jual kolang-kaling Rp12 ribu per kilogram," kata dia lagi.
        
Komoditas lain yang diminati masyarakat setempat ialah rumput laut, dan cincau untuk panganan berbuka puasa.
        
"Untuk rumput laut Rp2 ribu per kilogram adapun cincau Rp3 ribu. Rata-rata sekali jual 20 kilogram habis," ujar Jarwanto, pedagang lainnya.
        
Sementara besar harga buah yang dijual di Kabupaten Waykanan Lampung stabil namun untuk permintaan mengalami sedikit kenaikan dibandingkan sebelumnya, ujar Giyem, pedagang di Pasar Pemda.
        
"Jeruk medan stabil Rp15 ribu per kilogram dan rata-rata untuk sekarang habis 1,2 kuintal setiap jual. Adapun untuk anggur Rp50 ribu per kilogram dan bisa terjual sebanyak 20 kilogram. Beberapa buah tersebut paling diminati dan permintaan sedikit mengalami kenaikan," kata dia.
        
Buah lain yang juga diminati, yakni kelengkeng, Rp35 ribu/kg sama dengan harga jual apel merah.
        
"Apel hijau stabil Rp20 ribu. Lalu semangka non biji Rp5 ribu/kg sama dengan harga bengkuang per ikat namun untuk bengkuang jarang yang membeli," ujar dia lagi.
        
Kenaikan harga menurut dia hanya terjadi pada melon, dari Rp12 ribu/kg menjadi Rp15 ribu/kg.
        
Harga disampaikan Ginem tersebut relatif sama dengan yang dikatakan sejumlah pedagang buah lain di pasar itu.
        
"Harga nanas Rp2 ribu per buah lalu nangka Rp12 ribu per kilogram," ujar Tohari, pedagang buah lainnya.