Mukhlis Basri: Itikaf Bukan Hanya untuk Pencalonan

id Mukhlis Basri: Itikaf Bukan Hanya untuk Pencalonan

Tulangbawang (ANTARA LAMPUNG) - Calon Wakil Gubernur Lampung Mukhlis Basri mengatakan, itikaf di masjid-masjid yang dilaksanakannya bukan untuk pencalonan semata melainkan salah satu upaya meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Selain untuk menunjang peningkatan ketakwaan kepada Sang Pencipta, sekaligus sebagai salah satu ajang perkenalan diri sebagai calon wakil gubernur menyambut Pilkada Lampung mendatang," ujar pasangan calon gubernur Berlian Tihang itu di sela silaturahmi di Masjid Nurul Iman Unit II Kabupaten Tulangbawang, Jumat (12/7) malam.

Menurut Mukhlis yang juga Bupati Lampung Barat itu, itikaf dalam pengertian bahasa berarti berdiam diri, yakni tetap di atas sesuatu atau tinggal di suatu tempat untuk melakukan sesuatu yang baik.

Sedangkan dalam pengertian syariah agama, itikaf berarti berdiam diri di masjid sebagai ibadah yang disunahkan untuk dikerjakan di setiap waktu dengan niat beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT dan diutamakan pada bulan suci Ramadhan.

"Inilah waktu yang baik bagi kita untuk bermuhasabah dan taqarub secara penuh kepada Allah SWT guna mengingat kembali tujuan

diciptakannya kita sebagai manusia," ujarnya menambahkan.

Sebenarnya, kata Ketua DPC PDI Perjuangan Lampung Barat ini, itikaf bisa dilaksanakan setiap waktu, dan sangat dianjurkan untuk dikerjakan pada bulan Ramadhan.

Ia juga menyebutkan, sebagai salah seorang anak petani tentu dirinya berharap kehidupan para petani dan buruh di Provinsi Lampung bisa mengalami perubahan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka.

"Tujuan mencalonkan diri sebagai wakil gubernur pada pemilihan kepala daerah Lampung mendatang merupakan suatu amanah yang harus dilaksanakan dengan harapan dapat dan turut serta menunjang peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat," katanya.

Mukhlis Basri sebelumnya bersilaturahmi dengan para pemimpin pondok pesantren di Kabupaten Lampung Tengah, Tulangbawang, dan Tulangbawang Barat.

Jumat pagi harinya, Mukhlis juga menyempatkan diri untuk bersosialisasi di Pasar Bandarjaya Kabupaten Lampung Tengah.