Program Bom Atom Korut Tertunda

id Program Bom Atom Korut Tertunda

PBB, (Antara/Reuters) - Satu kombinasi sanksi-sanksi keuangan yang semakin sulit, embargo senjata dan pembatasan-pembatasan  internasional lainnya pada perdagangan dengan Korea Utara tidak menghentikan  program terlarang senjata nuklir Pyongyang, tetapi tampaknya telah secara signifikan menundanya.
        
Hal ini dikemukakan oleh satu laporan rahasia satu panel ahli PBB yang dilihat oleh Reuters pada Selasa.
         
"Sementara  pengenaan sanksi-sanksi tidak menghentikan pengembangan program nuklir dan peluru kendali  balistik, namun tampaknya telah  jauh menunda jadwal Korea Utara dan, melalui pengenaan sanksi keuangan serta larangan pada perdagangan senjata,  telah membuat pendanaan signifikan yang seharusnya disalurkan ke kegiatan dilarang itu terhambat," kata laporan 52-halaman.
         
Dalam laporan kepada komite sanksi Korea Utara di Dewan Keamanan PBB, panel juga merekomendasikan sanksi terhadap tiga perusahaan  Korea Utara dan 12 individu.
         
Para individu yang tercantum terdiri sembilan warga negara Korea Utara, seorang pria dari Kazakhstan dan dua orang dari Ukraina, semua karena mereka memiliki jalinan ke transaksi penyelundupan senjata, kata laporan itu.



Penerjemah/Redaktur : A Krisna/Hisar Sitanggang
Editor :
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar