Kemhan Apresiasi Peringatan Hut Satpol PP Di Waykanan

id Kemhan Apresiasi Peringatan Hut Satpol PP Di Waykanan

Kemhan Apresiasi Peringatan Hut Satpol PP Di Waykanan

Direktur Bela Negara Dirjen Pothan Kemhan Laksma TNI AU Sudarsono memeriksa kesiapan pasukan upacara peringatan HUT Satpol PP ke-63 dan Linmas yang ke-51, di Blambangan Umpu, Waykanan, Lampung, Selasa (24/3). (FOTO ANTARA Lampung/Gatot Arifianto.

Waykanan, Lampung (Antara Lampung) - Direktur Bela Negara Dirjen Pothan Kemhan Laksma TNI AU Sudarsono mengapresiasi keikutsertaan ormas dalam peringatan HUT Satpol PP ke-63 dan Linmas yang ke-51 di Kabupaten Waykanan Lampung.

"Upacara hari ini menunjukkan elemen masyarakat siap hadapi gangguan Kamtibmas bersama pemerintah," ujar Sudarsono, di Blambangan Umpu yang berada sekitar 220 km sebelah utara Kota Bandarlampung, Selasa.

Dalam amanatnya, ia meminta pemerintah daerah dapat meningkatkan kapasitas SDM, aparat satuan perlindungan masyarakat (Linmas) agar dapat melaksanakan tugas di lapangan, khususnya dalam membantu penanggulangan bencana.

"Satuan Linmas agar bisa lebih kepada tugas pokok dan fungsi utama dimiliki sebagai mobilisan yang siap dimobilisasi sebagai komponen cadangan negara dan senantiasa menjalin dan meningkatkan komunikasi dan sinergi antarintansi terkait dalam menjaga dan memberi perlindungan masyarakat," ujar dia lagi.

Peristiwa konflik horisontal dan vertikal, dan aksi kejahatan yang menggangu negara supaya dapat ditangani secara komprehensif dan profesional.

"Kita perlu membangun kesadaran bela negara yang tinggi sehubungan hal itu ialah membangun watak bangsa, pribadi yang memiliki rasa bangga kepada Indonesia harus senantiasa tumbuh dan bisa mengabdi sesuai profesi masing," katanya lagi.

Cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara serta yakin Pancasila sebagai ideologi bangsa merupakan dasar-dasar bela negara yang harus disampaikan kepada masyarakat.

Selain anggota Satpol PP, PNS dan polisi, ikut dalam kegiatan itu Pemuda Pancasila dan Satkorcab Banser Waykanan.