Peserta Pemilihan "Muli Mekhanai" Waykanan 2013 Meningkat

id Bupati Bustami Zainudin menyambut baik kegiatan itu sehubungan memberi kesempatan putra-putri Waykanan mengembangkan bakat minatnya.

Waykanan, Lampung (Antara Lampung) - Peserta pemilihan "Muli Mekhanai" atau gadis dan bujang Kabupaten Waykanan, Lampung yang diselenggarakan Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata setempat tercatat meningkat, dari 26 peserta tahun lalu menjadi 45 peserta.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Waykanan, Gantina, di Blambangan Umpu, Selasa menegaskan, kegiatan tahunan itu digelar untuk mencari duta wisata terbaik daerah itu.

"Dan pemenangannya nantinya akan ikut berkompetisi di tingkat provinsi, lalu mengikuti seleksi lagi sehingga bisa berkiprah di tingkat nasional," ujar dia menjelaskan.

Kegiatan itu, demikian Gantina menambahkan, bertujuan sebagai ajang promosi Kabupaten Waykanan dan Lampung pada umumnya di bidang pariwisata, sehingga peserta harus mengetahui kondisi pariwisata di kabupaten dan provinsi.

"Kegiatan ini juga ajang pencarian bakat di Kabupaten Waykanan, sehingga para peserta siap mental tampil di depan umum sehubungan telah ikut menumbuhkembangkan rasa percaya diri sedini mungkin," ucapnya.

Selain itu, katanya juga, dimaksudkan sebagai salah satu upaya pemerintah daerah itu membuka diri bagi remaja kelahiran Waykanan bisa "mulang tiyuh" atau pulang kampung ke Waylkanan.

"Dan juga menjadi ruang silaturahim antarpeserta," ujarnya lagi.

Kriteria untuk mengikuti kegiatan itu menurut dia pula, usia peserta 17 sampai dengan 25 tahun, dan memiliki tinggi badan 165 untuk putri dan 170 untuk putra, lalu menguasai bahasa daerah Lampung, bahasa internasional atau bahasa Inggris, serta memahami seni budaya Waykanan dan Lampung.

"Untuk penampilan dinilai secara umum, lalu juga wawasannya. Dan akan diambl enam pasang pemenang, juara I, II, III dan juara harapan I, II dan III," katanya.

Bupati Bustami Zainudin menyambut baik kegiatan itu sehubungan memberi kesempatan putra-putri Waykanan mengembangkan bakat minatnya.

"Dan diharapkan memberi wawasan positif dan peserta bisa mengambilnya agar bisa menjadi orang berguna bagi masyarakat dan bangsa," kata Bustami.

Dalam kegiatan berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Blambangan Umpu itu, sejumlah peserta menunjukkan talentanya, seperti berpidato dengan bahasa Inggris, menari tradisional dan menyanyi.