Mentawai Tarik Wisatawan Dengan Kejuaraan Selancar

id Mentawai Tarik Wisatawan Dengan Kejuaraan Selancar

Mentawai Tarik Wisatawan Dengan Kejuaraan Selancar

Berselancar di pantai Mentawai (payakumbuh.forumotion.net)

Mentawai, (Antara) - Kejuaraan selancar yang digelar di Kabupaten Kepulauan Mentawai sejak 2011 dan 2012 berhasil meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah tersebut.
         
"Dari 2011 dan 2012, kunjungan wisatawan asing dan lokal terus meningkat secara signifikan sejak digelarnya kejuaraan selancar yang bersifat internasional di Mentawai," kata Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disbudpapora) Kabupaten Kepulauan Mentawai Desti Seminora.
         
Ia menyebutkan bahwa pada 2011 jumlah kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 4.010 orang, sementara itu angka kunjugan tersebut terus meningkat ketika digelar kejuaraan selancar internasional 2012 di Makaroni Resort Mentawai yakni mencapai 4.560 orang.
         
Dikatakannya, lebih dari 95 persen wisatawan asing yang datang  ke Mentawai tersebut adalah wistawan yang menikmati olahraga selancar dengan lama tinggal satu orang antara 10-15 hari.
         
Desti menambahkan bahwa sebagian besar wisatawan akan melakukan kunjungan berulang dua sampai tiga kali selama delapan bulan musim surfing dalam satu tahun.
         
"Sebagian kecil wisatawan yang datang ke Mentawai juga melakukan riset ilmu pengetahuan, budaya dan kehidupan masyrakat pedalaman Mentawai," katanya.
          
Dikatakannya, rata-rata pengeluaran turis mancanegara tersebut pada 2011 mencapai Rp50 miliar, dan pada 2012 sebanyak Rp57 miliar.
         
Pada 2013 ini, dengan adanya kejuaraan selancar internasional 2013 di Pantai Katiet Sipora, 22-29 April, Pemerintah Kepulauan Mentawai menargetkan tingkat kunjungan wisatawan dapat terus meningkat, mengingat ajang tersebut merupakan salah satu kegiatan olahraga paling  bergengsi di antara kejuaraan internasional lainnya di dunia.
         
Desti mengungkapkan "Mentawai International Pro Surf Competition 2013" saat ini merupakan pertandingan yang masuk dalam level premium, sementara kejuaraan lainnya di Jawa Barat, Bali, Malaysia dan beberapa ajang yang sama di negara lainnya hanya masuk dalam bintang enam.
         
Seiring dengan pertumbuhan pada sektor industri pariwisata untuk usaha akomodasi, katanya, saat ini di Mentawai sudah ada lebih dari 14 resor berstandar internasional yang kepemilikannya berstatus Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).
         
Pertumbuhan sektor pariwisata imbas dari kejuaraan tersebut juga bertambahnya jasa transportasi wisata kapal selancar yang jumlahnya mencapai 40 unit lebih.