Harga Kopra Merosot Ke Rp2.300/Kg

id Harga Kopra Merosot Ke Rp2.300/Kg, kelapa, buah, kebun

Harga Kopra Merosot Ke Rp2.300/Kg

Kopra produksi para petani di Provinsi Lampung. (FOTO DOK. ANTARA/M.Tohamaksun).

Harga kopra sekarang hancur lagi, tadinya Rp2.500/Kg sekarang malah Rp2.300/Kg."
Bandarlampung (ANTARA) - Harga komoditas kopra kembali merosot di sejumlah desa dan kecamatan di Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, yakni menjadi Rp2.300/Kg setelah bulan lalu masih bertahan di harga Rp2.500/Kg.

Petani yang juga pedagang pengumpul hasil bumi di Desa Kampung Baru, Kecamatan Punduh Pedada, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampug H Papi (36), mengatakan, di Kampung Baru, Minggu, para petani mengharapkan harga kopra segera normal setidaknya berkisar pada Rp5.000/Kg, tetapi malah terus merosot.

"Harga kopra sekarang hancur lagi, tadinya Rp2.500/Kg sekarang malah Rp2.300/Kg," katanya.

Masih rendahnya harga kopra di perdesaan itu, katanya pula, karena harga beli di tingkat pabrikan pengolahan kopra di Kota Bandarlampung sekitar 60 Km dari Desa Kampung Baru juga masih rendah, yakni sekitar Rp2.700/Kg.

"Harga kopra di desa hanya Rp2.300/Kg, di Telukbetung juga masih rendah, sekitar Rp2.700/Kg," katanya lagi.

Kondisi itu sangat memberatkan para petani kelapa dan perajin kopra di sejumlah desa di kawasan pantai tersebut.

Sebelumnya, sejumlah petani kelapa dan pedagang kopra yang dihubungi terpisah di Desa Ketapang, Kecamatan Padang Cermin, dan Desa Kampung Baru, Kecamatan Punduh Pedada, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, sekitar 50-60 Km dari Kota Bandarlampung itu mengatakan rendahnya harga kopra itu terjadi sejak awal Agustus 2012. (Bersambung/ANTARA).