Spanyol Suntik Bankia 4,5 Miliar Euro

id Spanyol Suntik Bankia 4,5 Miliar Euro

Madrid (ANTARA/AFP) - Spanyol, Senin mengatakan, pihaknya segera menyuntikkan 4,5 miliar euro (5,7 miliar dolar AS) ke Bankia, pemberi pinjaman yang diselamatkan negara yang masih merugi miliaran euro.
        
"Fund for Orderly Bank Restructuring" (FROB) yang didukung negara  mengatakan, dewan gubernurnya telah  menyetujui untuk menyuntikkan modal "dengan segera" untuk memperbaiki neraca keuangan Bankia.
        
Bankia berada di jantung krisis sektor keuangan Spanyol, yang mendorong para anggota zona euro pada Juni menyetujui untuk memperpanjang pinjaman penyelamatan ke Madrid hingga 100 miliar euro.
        
FROB mengatakan, akan menyuntikkan uang untuk meningkkatkan modal Bankia, menekankan bahwa keputusan itu telah diambil dalam perjanjian dengan otoritas Eropa.
         
Pada semester pertama tahun ini, Bankia merugi 4,45 miliar euro, mendorong FROB menjanjikan tindakan cepat. Setahun lalu, ia melaporkan laba paruh pertama 205 juta euro.
        
Pada Mei, kelompok bank ini dinasionalisasi setelah mengatakan pihaknya akan memerlukan total 23,5 miliar euro untuk menyelamatkan neraca, sarat dengan pinjaman berisiko yang telah berbalik asam setelah kejatuhan properti 2008.