100 Yatim Lampung Selatan Dapat Santunan

id 100 Yatim Lampung Selatan Dapat Santunan, Safari, Ramadhan, Wagub, Joko Umar Said, Lampung, Rycko Menosa, SZP

100 Yatim Lampung Selatan Dapat Santunan

Wakil Gubernur Lampung MS Joko Umar Said (tengah) mewakili Gubernur Lampung Sjachroedin ZP menyerahkan santunan kepada anak yatim, pada Safari Ramadhan 1433 H/2012 M, di Kalianda, Lampung Selatan, Selasa (31/7/12). (FOTO ANTARA/Diskominfo Lampung-Yus

Masyarakat dan aparat keamanan serta instansi terkait perlu bahu-membahu untuk mengantisipasi dan meningkatkan keamanan di daerahnya."
Kalianda (ANTARA LAMPUNG) - Sebanyak 100 anak yatim piatu dari beberapa panti asuhan di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, memperoleh santunan dari gubernur Lampung dan bupati Lampung Selatan pada kegiatan Safari Ramadhan, Selasa malam.

Penyerahan santunan berupa sejumlah uang itu dilakukan Wakil Gubernur Lampung MS Joko Umar Said, dan Sekretaris Kabupaten Lampung Selatan Ishak pada Safari Ramadhan jajaran Pemprov Lampung di Kalianda.

Ke-100 anak yatim piatu yang menerima santunan itu terdiri atas 50 anak menerima santunan dari Tim Safari Ramadhan Pemprov Lampung, dan 50 anak lainnya menerima santunan dari Bupati Lampung Selatan.

Selain menyerahkan santuan kepada anak yatim piatu, Wakil Gubenur Lampung Joko Umar Said juga menyerahkan bantuan dana untuk pembangunan masjid yang diterima oleh salah seorang pengurus masjid setempat.

Bupati Lampung Selatan Rycko Menoza SZP dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Kabupaten, Isahak mengatakan selama Ramadhan 1433 Hijriah, Pemkab Lampung Selatan telah membentuk dua tim Safari Ramadhan yang melakukan kegiatan sejak 23 Juli 2012.

Kegiatan Safarai Ramadhan di Kabupaten Lampung Selatan itu dilakukan antara lain dengan melakukan shalat Tarawih dan saur bersama masyarakat di beberapa desa dan kecamatan, guna melakukan silaturahim antara aparatur pemerintah dengan masyarakat setempat.

Menurut Ishak, selama bulan Ramadhan tahun ini situasi dan kondisi Kabupaten Lampung Selatan bejalan aman dan kondusif, antara lain ditandai dengan semaraknya pelaksanaan shalat Isya, Tarawih, dan shalat Subuh secara berjamaah di masjid-masjid, dan pelaksaan pembangunan juga berjalan sebagaimana mestinya.

Gubernur Lampung Sjachroedin ZP melalui Wakil Gubernur, Joko Umar Said pada kesempatan itu mengapresiasi jajaran aparatur dan segenap lapisan masyarakat di Kabupaten Lampung Selatan sehingga pelaksanaan pembangunan di daerah itu berjalan baik, dan situasi daerah aman serta kondusif.

Kepala daerah Lampung itu mengharapkan kepada kaum muslimin di Lampung Selatan agar memanfaatkan bulan suci Ramadhan itu sebagai momentum untuk memperbaiki diri, meningkatkan silaturahim, dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan kepada Allah SWT.

Gubernur Lampung kembali mengingatkan kepada seluruh lampisan masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan khususnya terhadap gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), karena meski bulan puasa ada kecenderungan tindak kriminallitas meningkat.

"Masyarakat dan aparat keamanan serta instansi terkait perlu bahu-membahu untuk mengantisipasi dan meningkatkan keamanan di daerahnya," katanya.

Hadir pada acara itu para pejabat dan masyarakat Kabuapten Lampung Selatan serta pejabat dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Fokorpimda) Provinsi Lampung.

Wakil Gubernur Lampung Joko Umar Said juga menjelaskan bahwa Pemprov Lampung telah membentuk empat tim Safari Ramadhan 1433 H/2012 M, dengan melakukan kegiatan sebanyak 19 kali sejak 23 Juli sampai dengan 13 Agustus 2012.

Keempat tim itu, satu di antaranya dipimpin langsung oleh Gubenur Sjachroedin ZP, dan tiga tim lainnya masing-masing dipimpin oleh wakil gubernur, Kapolda, dan Komandan Korem (Danrem) Lampung.

Dalam setiap kali kunjungan silaturahim Safari Ramadhan yang tersebar pada 14 kabupaten dan kota di Provinsi Lampung itu, tim juga menyerahkan bantuan untuk pembangunan masjid, juga santunan kepada anak-anak yatim piatu. (ANTARA).