Tinju- Gamboa Lawan Rios

id tinju

Las Vegas, Nevada (ANTARA/AFP) - Mantan petinju juara dunia belum terkalahkan Brandon Rios dan Yuriorkis Gamboa akan bertarung memperebutkan gelar lowong kelas ringan WBA pada 14 April, demikian diumumkan promotor Jumat. 
  
Gamboa, petinju berusia 30 tahun dari Kuba, naik dua kelas untuk bertemu dengan Rios setelah menyerahkan gelar juara kelas bulu IBF Maret lalu akibat kelebihan berat badan, sebelum menghentikan perlawanan petinju Meksiko Jorge Solis.
       
Rios, petinju berusia 25 tahun dari Amerika, menanggalkan sabuk juara kelas ringan WBA karena gagal naik ring pada November lalu melawan petinju Inggris John Murray, yang dihentikannya pada ronde ke-11 saat memertahankan gelarnya. 
  
Gamboa, yang meraih medali emas untuk Kuba pada Olimpiade Athena 2004, memiliki rekor 21-0 dengan 16 menang KO sedangkan Rios 29-0 dengan sekali seri dan 22 menang KO. 
  
Rios pada 2008 bermain imbang dengan teman senegaranya Manuel Perez dan sejak itu ia memenangi 11 laga berurutan, 10 di antaranya menang KO dan lainnya menang angka.