Roket Hantam Akademi Militer Pakistan

id Roket Hantam Akademi Militer Pakistan

Tiga roket, Jumat menghancurkan tembok luar akademi itu, yang terletak hanya 500 meter dari lokasi serangan pasukan Agkatan Laut AS SEAL yang telah merusak hubungan antara Paskistan dan Amerika Serikat."
Peshawar, Pakistan (ANTARA/AFP)- Para penyerang menembakkan roket-roket ke akademi militer penting Pakistan, menghancurkan dinding luar, satu pelanggaran keamanan dekat rumah tempat tinggal Osama bin Laden selama beberapa tahun, kata para pejabat.

Tidak ada yang cedera dalam serangan menjelang Jumat subuh itu dan tidak jelas siapa yang menembakkan sembilan roket dari belakang satu masjid di pegunungan dekat akademi militer Kakul, 50km dari ibu kota Islamabad.

Kota Garnizun Abbottabad dianggap sebagai salah satu dari dari bagian-bagian paling aman Pakistan sampai pasukan Amerika Serikat 2 Mei menemukan dan membunuh pendiri Al Qaida itu dalam satu kompleks  tempat ia tinggal selama lima tahun.

Tiga roket, Jumat  menghancurkan tembok luar akademi itu, yang terletak hanya 500 meter dari lokasi serangan pasukan Agkatan Laut AS SEAL yang telah merusak hubungan antara Paskistan dan Amerika Serikat.

"Sembilan roket ditembakkan. Tiga roket menghantam tembok perbatasan akademi militer dan hancur. Tidak seorangpun yang cedera dalam serangan itu," kata Imtiaz Hussain Shah, seorang pejabat pemerintah lokal di Abbotabad kepada AFP.

"Kami telah melakukan satu operasi pencarian terhadap para pelaku," kata Shah.

Mohammad Karim Khan, kepala kepolisian Abbottabad, mengonfirmasikan serangan itu.

"Tiga roket menghantam tembok perbatasan. Tiga lainnya mendarat di daerah terbuka dan tiga lagi mendarat di satu lapangan," katanya.

Para pejabat menuduh teroris-teroris atas serangan itu.

Shah mengemukakan kepada stasiun televisi Geo bahwa polisi menemukan sembilan tempat peluncuran roket di belakang satu masjid, sekitar 500 meter dari akademi itu.

"Kami memiliki satu sistem keamanan dan pos pemeriksaan di jalan-jalan, tetapi tempat yang mereka gunakan sebagai tempat penembakan dapat dimasuki dari segala sisi dan ada gunung-gunung di dibelakan tempat ini," katanya.

"Pada tahap ini kami tidak dapat mengatakan siapa yang terlibat, tetapi mereka adalah teroris-teroris dan kami sedang menyelidiki bagaimana mereka bisa mencapai tempat ini."

Taliban dan kelompok gerilyawan lainnya sedang memerangi tentara, kendatipun ada satu tanda mereda dalam aksi kekerasan dalam bulan-bulan belakangan ini.

Dianggap sebagai salah satu dari kota-kota paling tenang di wilayah barat laut yang diapit bukit-bukit dan banyak dikunjungi para warga ibu kota, Abbottabod tercatat dalam laman internet turisme resmi Pakistan sebagai satu "daerah wisata musim panas yang populer".

Satu komisi pengadilan sedang mengusut bagaimana Osama dapat tinggal di sana tanpa terdeteksi begitu lama, apakah ada koalisi antara pemerintah atau militer.

Hubungan Pakistan-AS sejak itu mencapai tingkat rendah  menyangkut serangan-serangan udara yang meewaskan 24 tentara Pakistan November tahun lalu, yang menyebabkan Pakista menutup perbatasannya dengan Afghanistan pada pasokan NATO dan melakukan peninjauan kembali aliansinya dengan Washington.
(ANTARA). 4:59 PM 1/27/2012