Veteran Revolusi Kuba Jadi Menteri Pertahanan

id Veteran Revolusi Kuba Jadi Menteri Pertahanan, Fidel Castro

Cintra, usianya lebih muda 10 tahun dari sebagian besar para pemimpinnya.'
Havana (ANTARA/Reuters) - Jendral Leopoldo Cintra Frias, yang bargabung dalam tentara pemberontak Fidel Castro tahun 1957 dan anggota dewan pimpinan Partai Komunis, diangkat menjadi menteri pertahanan Kuba, kata pemerintah, Selasa (8/11).

Cintra, 70 tahun, seorang perwira militer karir yang menjadi  wakil pertama menteri pertahanan sejak tahun 2008, menggantikan  Julio Casas Regueiro, yang meninggal akibat serangan jantung 4 September.

Pengangkatan Cintra terjadi setelah kebijakan Presiden Raul Castro yang akan memasukkan darah baru dalam pemerintah tetapi sebagian besar yang diangkat adalah veteran-veteran revolusi untuk jabatan-jabatan penting.

Cintra, usianya lebih muda 10 tahun dari sebagian besar para pemimpinnya -- Raul Castro 80 tahun dan wakil presiden pertama Jose Ramon Machado Ventura 80 tahun. Fidel Castro yang kini tidak lagi memegang jabatan pemimpin tetapi tetap memiliki kekuasaan di belakang layar, berusia 85 tahun.

Jabatan menteri pertahanan sangat penting bagi Raul Castro  karena ia memegang itu selama 49 tahun sampai ia menggantikan abangnya Fidel sebagai presiden tahun 2008.

Ia menggantikan para anggota militer dalam sejumlah jabatan tinggi mempercayakan mereka untuk melaksanakan reformasi ekonomi  berskala luas yang ia usulkan untuk memperkuat komunisme Kuba bagi masa depan. Perusahaan-perusahaan militer menguasai sebagian besar ekonomi Kuba yang bergaya Sovyet itu.

Presiden Raul juga menganggap personil militer tidak mudah  terlibat dalam korupsi yang kini adalah satu misi yang akan dibrantasnya.

Penundaan dua bulan untuk mengumumkan penggantian Casas menimbulkan pertanyaan tentang apakah Raul menginginkan Cintra untuk memangku jabatan itu, kendatipun mereka lama bekerja sama dan kehadiran Cintra di Biro Politk Partai Komunis yang berkuasa.

Sebelum menduduki posisi di pemerintah, Cintra  memegang beberapa jabatan komando penting di militer dan memimpin pasukan dalam keterlibatan militer Kuba yang lama di Angola.

Ia ikut berperang di bawah pimpinan Fidel Castro dalam revolusi yang berakhir ketika pemberontak menggulingkan diktator Fulgencio Batista  yang didukung AS pada 1 Januari 1959.

Pemerintah mengatakan Jendral Alvaro Lopez Miera, 68 tahun akan menggantikan Cintra sebagai wakil pertama menteri pertahanan sementara tetap memegang jabatan sebagai kepala staf angkatan bersenjata. (ANTARA).