Merkel, Sarkozy dan Lagarde Bertemu IIF

id Krisis Euro

Brussel (ANTARA/AFP) - Pemimpin Prancis dan Jerman bergabung dengan Ketua IMF Christine Lagarde  membahas "write-down" (penurunan nilai) utang Yunani oleh perbankan dengan kepala Institute of International Finance (IIF), sumber diplomatik mengatakan Kamis.
        
Para pejabat dari zona euro yang bermasalah telah merundingkan  ukuran "haircut" (pengurangan utang), atau write-down, yang akan diambil oleh bank-bank pemegang sekitar 210 miliar euro utang Yunani.
        
Kepala IIF Charles Dallara, yang bertemu Presiden Nicolas Sarkozy dan Kanselir Angela Merkel di sela-sela pertemuan puncak 17 negara zona euro, sebelumnya mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ada kesepakatan, termasuk write-down baru.
        
"Belum ada perjanjian tentang kesepakatan Yunani atau 'haircut' tertentu," Dallara mengatakan dalam sebuah pernyataan.
        
"Kami tetap terbuka untuk dialog guna mencari kesepakatan sukarela. Tidak ada perjanjian tentang adanya unsur kesepakatan," tambahnya.
        
Para pemimpin Prancis dan Jerman, yang sebelumnya mengatakan mereka siap untuk berbicara dengan bank-bank secara pribadi untuk menghemat waktu, memisahkan diri dari pembicaraan pertemuan puncak untuk bernegosiasi dengan Dallara.