Pringsewu Galakkan Pemberantasan Sarang Nyamuk

id demam

Pringsewu Galakkan Pemberantasan Sarang Nyamuk

Pemberantasan sarang nyamuk dengan pengasapan terbatas (Foto ANTARA/M.Tohamaksun)

Pringsewu, Lampung (ANTARA LAMPUNG) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung, menggalakkan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) melalui 3M guna mengantisipasi penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di daerah itu.
        
"Kami secara rutin melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang DBD dan 3M yakni menguras, menutup, menimbun serta menyebarkan abate dan memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk," kata Kadis Kesehatan Pringsewu, dr Endang Budiati, di Pringsewu, Kamis.
        
Menurut dia, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan puskesmas pembantu dan poskesdes yang berada di wilayah setempat guna meminimalkan terjadinya kejadian luar biasa DBD.
        
"Guna menanggulangani penyebarannya pihak Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pringsewu akan meningkatkan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk melalui 3M secara berkesinambungan," ujarnya.
        
Untuk mencegah peningkatan kasus DBD, ia melanjutkan, pihaknya akan terus mengupayakan peningkatan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan agar tidak terjadinya kejadian luar biasa penyakit itu di daerah tersebut.
         
Kadis itu menerangkan, penyebaran kasus DBD di wilayah tersebut terjadi sejalan dengan meningkatnya mobilitas dan kepadatan penduduk.
         
Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu selama 2011 terdapat 98 kasus dengan rincian yaitu Bulan Januari sebanyak 20 kasus, Februari empat kasus, Maret enam kasus, April berjumlah sembilan kasus, dan Mei sebanyak delapan kasus.
        
Kemudian, bulan Juni kasus DBD merangkak naik yakni 15 kasus, Juli 18 kasus, Agustus turun menjadi 11 kasus, serta September hanya tujuh kasus.