80 Persen Warga Waykanan Akan Miliki e-KTP

id KTP

80 Persen Warga Waykanan Akan Miliki e-KTP

KTP manual

Waykanan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Waykanan, Lampung, menargetkan sebanyak 325.000 atau 80 persen dari jumlah penduduk daerah itu sudah memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) pada awal 2012.
        
"Namun itu data terakhir wajib KTP per semester II 2011, jadi kemungkinan masih bisa bertambah," ujar Kepala Seksi Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat Anton Nugroho Irawan, di Blambanganumpu, Rabu.
        
Menurut Anton saat dihubungi melalui telepon genggamnya dari Liwa, Lampung Barat, jumlah penduduk terbanyak yang tercatat untuk mendapatkan e-KTP ialah warga Kecamatan Blambanganumpu yakni sejumlah 44.770 jiwa.
        
"Yang paling sedikit warga Kecamatan Pakuanratu, sejumlah 7.770 jiwa," jelas dia.
        
Uji coba awal pelayanan pembuatan e-KTP di Kabupaten Waykanan dimulai Jumat (7/10), rata-rata per kecamatan berkisar 50 orang mendapat undangan awal pembuatan kartu identitas yang dimaksudkan untuk menghindari kepemilikan KTP ganda itu.
         
Jatah alat pembuatan e-KTP per kecamatan ialah dua buah, namun dari 14 kecamatan yang ada di daerah itu masing-masing baru mendapatkan satu perangkat.
         
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik setempat, jumlah penduduk Kabupaten Waykanan tahun 2010  sebesar 406.735 jiwa.