Iis Dahlia Ajak Masyarakat Cintai Buah Lokal

id artis

Iis Dahlia Ajak Masyarakat Cintai Buah Lokal

Jakarta (ANTARA LAMPUNG) - Bagi penyanyi dangdut Iis Dahlia buah lokal ternyata lebih terasa kesegarannya dibandingkan dengan buah impor.

Pelantun tembang "Bunga Seroja" yang lahir di Bongas, Indramayu, Jawa Barat, 29 Mei 1972, itu menilai buah-buahan asal dalam negeri lebih "fresh" karena tidak memerlukan waktu yang panjang untuk sampai ke konsumen.

"Berbeda dengan buah impor yang harus lewat proses panjang sehingga tidak lagi segar ketika sampai di sini," kata pemilik nama asli Iis Lailiyah itu.

Karena kebiasaan Iis mengonsumsi buah-buahan tersebut dan kecintaannya pada buah lokal, dia mendapat kepercayaan untuk mendampingi Menteri Pertanian Suswono melepas ekspor perdana mangga gedong gincu oleh CV Sumber Buah Cirebon ke Singapura, Hongkong, dan Dubai pada Sabtu pekan lalu.

Pada kesempatan tersebut Iis yang sempat mencicipi mangga gedong gincu mengungkapkan, buah andalan Indramayu tersebut selain nikmat juga memiliki citarasa yang khas.

"Mangga ini memiliki rasa manis sekaligus ada asam-asamnya, berbeda dengan mangga yang lain," kata pelantun lagu "Rindu" itu.

Sebagai pendangdut kelahiran Indramayu yang juga dikenal sebagai sentra produksi mangga, Iis Dahlia mengaku setiap hari mengonsumsi buah-buahan termasuk mangga.

Oleh karena itu, ibu dari Salsabila Juwita itu mengajak masyarakat untuk lebih mencintai buah-buahan lokal dibandingkan komoditas impor.

"Buah-buahan lokal banyak, puluhan (jenisnya). Tak usah berpaling ke buah impor," kata bintang sinetron PadaMu Kubersimpuh yang memiliki lesung pipit itu