Tingkat Pengembalian SPP PNPM di Waykanan Tinggi

id pnpm, waykanan, spp, simpan, pinjam, perempuan

Kami mengapresiasi kelompok-kelompok SPP di Waykanan karena mampu menjalankan kepercayaan yang diamanatkan dengan baik sehingga dari total dana Rp4,19 milyar hampir seluruhnya bisa kembali,"
Waykanan (ANTARA LAMPUNG) - Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan  Pemerintahan Kampung (PMPK) Kabupaten Waykanan Juanda menyatakan, tingkat pengembalian dana bergulir simpan pinjam perempuan (SPP) di daerah itu termasuk tinggu karena mencapai  92,2 persen.

"Kami mengapresiasi kelompok-kelompok SPP di Waykanan karena mampu menjalankan kepercayaan yang diamanatkan dengan baik sehingga dari total dana Rp4,19 milyar hampir seluruhnya bisa kembali," ujar dia, Sabtu, saat dihubungi dari Liwa, Lampung Barat  yang berada sekitar 278 km sebelah utara kota Bandarlampung.

Pencapaian tersebut, lanjut dia, patut dibanggakan mengingat terobosan-terobosan yang dilakukan jajarannya guna menumbuhkan PNPM mandiri perdesaan seperti SPP yang ditujukan untuk membantu pemberdayaan dan peningkatan ekonomi keluarga melalui ibu-ibu.

"Ketercapaian lain PNPM mandiri perdesaan  di sini, dari delapan kecamatan unit pengelola kegiatan atau UPK definitif, dua diantaranya telah  memiliki kantor sendiri yang telah dibangun secara mandiri yaitu Blambanganumpu dan Rebangtangkas," tuturnya.

Sedang UPK untuk dua kecamatan lagi, terus Kaban PMPK, akan dibangun pada tahun ini,yakni di Pakuan Ratu dan Baradatu.

"Progress perkembangan dana bantuan langsung masyarakat atau BLM PNPM mandiri perdesaan tahun anggaran 2011 untuk delapan kecamatan, yakni Blambanganumpu, Banjit, Baradatu, Bumiagung, Buaybahuga, Kasui, Pakuonratu dan Rebangtangkas telah melakukan pencapaian tahap pertama atau 40 persen dari APBN," terang dia.(Ant)