Jakarta (ANTARA) - PT Garuda Indonesia menetapkan kebijakan bahwa pemilihan kursi di atas 48 jam sebelum jadwal penerbangan akan dikenakan biaya, sementara pemilihan kursi gratis hanya berlaku saat proses check-in.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, hal itu berkaitan dengan program baru yakni “Selection Seat”, yaitu promosional khusus bagi masyarakat yang ingin merencanakan perjalanan lebih awal khususnya dengan pemilihan kursi/seat penerbangan yang dikenakan biaya tambahan.

"Kami pastikan dengan diperkenalkan program ini, kesempatan untuk melakukan pemilihan kursi penerbangan tanpa dikenakan biaya masih tetap dapat diakses ketika waktu proses check-in berlangsung, yang dalam hal ini 48 jam sebelum jadwal keberangkatan penerbangan," kata Irfan dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Dia menyampaikan bahwa Garuda Indonesia memiliki program "Selection Seat”, kebijakan baru dengan memperkenalkan ragam fleksibilitas bernilai tambah guna memenuhi preferensi masyarakat akan pilihan kursi/seat penerbangan sedini mungkin.

"Program 'Seat Selection' bakal diimplementasikan pada 26 Oktober 2024," ujar Irfan.

Saat ini pihaknya terus mengkomunikasikan hal itu secara intensif bersama pemangku kepentingan guna memastikan aspek pemenuhan ketentuan regulasi operasional dan keamanan dapat terpenuhi secara optimal dan komprehensif.

Melalui inisiatif baru ini, para pengguna jasa khususnya untuk pemegang tiket Eco Promo dan Eco Affordable berkesempatan untuk memilih kursi favorit baik dengan legroom lebih luas di area first row dan kursi di baris pintu darurat (emergency exit row).

Selain itu, pemegang tiket Eco Promo juga dapat memilih preferensi kursinya di regular seat dengan biaya tambahan yang terjangkau, yakni mulai dari Rp85 ribu untuk pemesanan regular seat dan mulai dari Rp199 ribu untuk pemesanan extra legroom seat.

"Nilai tambah tersebut kami hadirkan melalui fleksibilitas pilihan kursi penerbangan favorit penumpang yang dapat dipilih jauh jauh hari sebelum proses check-in dilakukan,” jelas Irfan.

Meski begitu, dia memastikan bahwa calon penumpang tetap kesempatan untuk melakukan pemilihan kursi penerbangan tanpa dikenakan biaya ketika waktu proses check-in berlangsung dalam waktu 48 jam sebelum jadwal keberangkatan penerbangan.

Kemudian, bagi para pengguna jasa kelas ekonomi yang tergabung ke dalam keanggotaan GarudaMiles Platinum, SkyTeam Elite Plus, maupun pemegang tiket kelas Eco Comfort dapat memilih kursi pilihan tanpa tambahan biaya apapun.

Irfan juga memastikan bahwa aspek keselamatan dan keamanan penerbangan pada program fleksibilitas pemilihan kursi, khususnya pada aspek ketentuan pengguna jasa yang dapat duduk pada seat/area seat yang dipilih telah mengacu kepada standardisasi dan regulasi safety operasional penerbangan yang berlaku.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Garuda: Pemilihan kursi di atas 48 jam sebelum terbang dikenakan biaya


Pewarta : Muhammad Harianto
Editor : Agus Wira Sukarta
Copyright © ANTARA 2024