Bandarlampung (ANTARA) - Ketua DPD Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Lampung Irwan  Nasution mengatakan destinasi wisata menjadi salah satu ujung tombak penggerak roda perekonomian daerah.

"Adanya kunjungan ke destinasi membuat komponen lainnya pun ikut tumbuh mulai dari okupansi hotel, guide, tempat oleh-oleh, industri UMKM, hingga travel," kata Irwan, Ketua PUTRI Lampung terpilih periode 2024-2028, di Bandarlampung, Kamis.

Ia berharap dukungan dari pemerintah daerah agar ke depan perizinan untuk usaha-usaha di sektor pariwisata dapat dipermudah dan dipermurah.

Menurutnya, tugas ke depan adalah bagaimana untuk terus mengembangkan pariwisata di Lam

"Dan kami tentu akan bersinergi dengan pemerintah, karena apabila kita bersatu, tentu kita akan semakin kuat,” ujar Irwan yang juga Komisaris Utama Taman Wisata dan Taman Satwa Lembah Hijau ini.

Irwan Nasution terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah (Musda) II PUTRI Lampung

"Terima kasih atas amanah yang diberikan kepada saya. Mudah-mudahan kita dapat saling sinergi, berkolaborasi, dan terus kompak untuk kemajuan destinasi pariwisata di Lampung,” tambah Irwan.

Staf Ahli Gubernur Lampung Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Zainal Abidin mengapresiasi pelaksanaan Musda II PUTRI Lampung bertema “Membangun Pariwisata yang Kuat, Strategi Sinergi Antara Destinasi dan Pelaku Usaha untuk Menang Bersama”.

"Kami apresiasi musda yang mengusung tema sangat relevan ini. Tema ini tepat karena dengan saling bersinergi maka pariwisata di Lampung bisa terus tumbuh menjadi destinasi nasional dan bahkan internasional,” kata Zainal.

Ia pun meminta kepada seluruh pemerintah kabupaten/kota di Lampung agar dapat mempermudah perizinan untuk usaha-usaha di sektor pariwisata.

“Dan mohon untuk seluruh Kadis Pariwisata di kabupaten/kota juga untuk sinergi dan berkolaborasi dengan para pelaku usaha wisata,” ujarnya.

Ketua Umum DPP PUTRI, Hans Manansang menilai bahwa Lampung mempunyai potensi besar di sektor pariwisata.

Meski demikian, ia menilai promosi terkait pariwisata di Lampung perlu lebih ditingkatkan sehingga ke depan dapat semakin banyak kunjungan wisawatan yang datang.

“Dari informasi yang saya dapat, Lampung ini sudah berkembang, tapi untuk sisi promosinya harus lebih ditingkatkan,” kata Hans.

“Saya setiap ke Lampung ini senangnya luar biasa. Di sini kulinernya enak, tempatnya bagus, ada pantai, ada gunung, ada banyak tempat berwisata, tapi mungkin (warga) di Jakarta atau di Pulau Jawa itu enggak tau. Dan saya rasa itu (promosi) yang mungkin nanti bisa lebih ditingkatkan sehingga semakin banyak yang datang ke Lampung,” kata Hans yang merupakan Direktur Taman Safari itu.

 


Pewarta : Agus Wira Sukarta
Editor : Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2024