Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan pentingnya pengembangan sentra ekonomi di wilayah perbatasan Indonesia sebagai representasi kemajuan Indonesia.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi usai meresmikan tujuh Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Indonesia di Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu.

"Jadi, PLBN selain itu menunjukkan wajah Indonesia, representasi kemajuan Indonesia, tapi juga memunculkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru," katanya.

Sebelum menghadiri acara peresmian PLBN, Jokowi sempat menyoroti beberapa potensi yang telah berjalan dengan baik, termasuk di Motaain, yang terletak di perbatasan antara Indonesia dan Timor Leste.

“Yang sudah berjalan, misalnya di Motaain pasarnya berjalan, ramai sekali. Bahkan yang dari Timor Leste belanjanya di situ, ramai," katanya.

Presiden juga menekankan bahwa pengembangan ekonomi yang diharapkan adalah ekonomi rakyat, bukan ekonomi kelas atas, yang dapat membantu pemberdayaan masyarakat setempat.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan bahwa sebelum PLBN Motaain dibuat, terdapat area pasar tradisional yang beroperasi setiap Jumat.

Oleh karena itu, Tito pun memastikan kehadiran PLBN tersebut dapat membuat aktivitas masyarakat kian meningkat.

 
Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jokowi: Sentra ekonomi perbatasan jadi simbol kemajuan Indonesia

Pewarta : Andi Firdaus, Kornelis Kaha
Editor : Satyagraha
Copyright © ANTARA 2024