Bandarlampung (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin menghadiri kegiatan Temu Bisnis Aksi Afirmasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) Tahap Kedelapan 2024, yang dilaksanakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE BSD) Tangerang, Banten, Selasa. 
 
Acara temu bisnis yang mengambil tema "Membangun Ekosistem Digital untuk Produk Lokal" tersebut dibuka langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.
 
Dan kegiatan tersebut akan dilakukan selama dua hari yakni lada 17-18 September 2024.
 
Acara yang digelar Kemenkominfo berkolaborasi dengan Kementerian Pertanian tersebut bertujuan sebagai sarana pertemuan pemilik anggaran dengan produsen penyedia produk dalam negeri yang telah tercatat dalam database Kementerian Perindustrian (Kemenperin).
 
Temu Bisnis P3DN ini menjadi platform strategis dalam mempercepat pertumbuhan industri dalam negeri melalui peningkatan penggunaan produk lokal. Sekaligus akan dapat meningkatkan belanja produk lokal serta mendorong industrialisasi dan digitalisasi ekonomi Indonesia. 
 
Dalam sambutannya Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi menjelaskan kegiatan temu bisnis tersebut juga berkaitan erat dengan salah satu misi Asta Cita Presiden Republik Indonesia terpilih Prabowo Subianto, yaitu melanjutkan hilirisasi dan industrialisasi untuk meningkatkan nilai tambah produk di dalam negeri. 
 
"Salah satu fokus yang hendak dicapai adalah mengembangkan hilirisasi untuk pusat pertumbuhan ekonomi baru melalui pendalaman potensi hilirisasi dan industrialisasi baru, membangun infrastruktur berkeadilan, pembangunan industri untuk mengurangi ketergantungan impor, melanjutkan program hilirisasi dan industrialisasi di berbagai sektor, serta mengembangkan program-program pembiayaan inovatif," tuturnya.

Pewarta : Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor : Agus Wira Sukarta
Copyright © ANTARA 2024