Lampung Selatan (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Selatan mengatakan bahwa pihaknya telah menyelesaikan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih Pilkada 2024 pada 17 kecamatan di daerah itu.

Kadiv Perencanaan Data dan Informasi KPU Lampung Selatan Asma Emilia, di Kalianda, Selasa, mengatakan proses tahapan coklit di wilayah tersebut sudah mencapai 100 persen.

"Untuk proses coklit sudah rampung atau sudah mencapai 100 persen. Saat ini kan masih tahapan coklit sampai 24 Juli, setelah itu mulai penyusunan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) untuk nanti akan diplenokan oleh PPS tanggal 1 sampai dengan 3 Agustus 2024," kata dia.

Ia mengatakan proses coklit yang dilakukan oleh pantarlih seluruhnya berjalan tanpa ada kendala.

"Tidak ada kendala yang berarti, dalam proses coklit yang dilakukan oleh pantarlih di seluruh kecamatan yang ada di Lampung Selatan," katanya.

Dia juga berharap agar semua masyarakat yang berhak menggunakan hak pilihnya pada 27 November 2024 terdaftar sebagai pemilih dalam tahapan coklit tersebut.

"Masyarakat bisa berperan aktif melakukan pengecekan datanya melalui link cekdptonline.kpu.go.id apakah dia terdaftar atau tidak sebagai pemilih. Apabila belum terdaftar dapat segera menghubungi pantarlih atau PPS setempat," ujar dia.

Menurut dia, kegiatan coklit yang dilakukan oleh para petugas sangat penting karena dari data merekalah yang digunakan KPU dalam mengambil keputusan baik untuk masalah logistik dan persiapan pemilihan Pilkada 2024.

KPU Kabupaten Lampung Selatan menetapkan sebanyak 1.586 tempat pemungutan suara (TPS) pada Pilkada 2024 yang tersebar di 17 kecamatan di wilayah tersebut.

Jumlah TPS di Lampung Selatan untuk Pilkada 2024 sebanyak 1.586 TPS, berkurang hingga 47 persen jika dibanding saat Pemilu 2024 lalu berjumlah 3.029 TPS.


Pewarta : Riadi Gunawan
Editor : Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024