Tanggamus (ANTARA) - Ketua Lembaga Kemasyarakatan Sosial (LKS) Alamanda Tanggamus, Lampung Roswati Purwantari mengatakan pihaknya telah menyalurkan bantuan kepada masyarakat Kabupaten Tanggamus.

"Jelang Ramadhan Lembaga LKS Alamanda Tanggamus, kembali saluran ribuan Al Quran dan peralatan shalat serta sembako kepada masyarakat yang ada di beberapa desa terpencil di Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Tanggamus," kata Roswati Purwantari, di Tanggamus, Minggu.

Dia mengatakan, penyaluran ribuan Al Quran dan peralatan shalat serta sembako oleh LKS Alamanda Tanggamus ini, pihaknya bekerja sama dengan Kitabisa.com.

"Tim relawan kemanusiaan itu bahkan mendatangi salah satu pemukiman yang jaraknya jauh dari pusat kota kecamatan maupun desa induknya bahkan kepala dusunnya," kata dia lagi.

Ia menjelaskan, dusun tersebut bernama Dusun Olok Guci yang berada di bawah pegunungan dan perkebunan milik warga, dan di dusun ini terdapat sekitar 30 kepala keluarga dengan 80 jiwa.

Masyarakat dusun tersebut keseluruhan berprofesi sebagai petani kopi dan palawija dengan kondisi ekonomi yang terbilang minim. Rumah masyarakat di dusun itu didominasi oleh rumah papan berlantai tanah.

Selanjutnya, dia mengatakan, pihaknya memang sudah sering sekali mendatangi Dusun Olok Guci tersebut. Hal itu dilakukan sebagai bentuk kepedulian kepada para masyarakat yang ada di Dusun Olok Guci.

Pihaknya memberikan Al Quran di Dusun Olok Guci, karena ia melihat hanya ada tiga Al Quran yang ada di sana dan sudah dalam kondisi yang rusak.

"Waktu kami pernah ke sana, kami lihat hanya ada 3 Al Quran dalam kondisi telah usang dan sobek-sobek, maka kunjungan ketiga sengaja kami bawa bantuan Al Quran dan peralatan lain," kata dia pula.

Roswati juga menjelaskan, perjalanan menuju ke Dusun Olok Guci ini cukup sulit, namun menyenangkan karena menggunakan sepeda motor trail atau motor yang sudah didesain sesuai dengan medan perjalanan yang akan ditempuh.

"Dusun Olok Guci sangat jauh dari pedesaan maupun pusat kota kecamatan, dengan jalan yang cukup sulit untuk untuk dijangkau berada di pegunungan," katanya pula.

Ia berharap kepada Pemkab Tanggamus untuk pembangunan jalan di lokasi tersebut, agar memudahkan akses jalan bagi masyarakat Dusun Olok Guci.

Dia juga mengatakan, akan melakukan penggalangan donasi untuk pembangunan masjid di Dusun Olok Guci tersebut.

"Kami sudah mencarikan donasi melalui orang baik yang akan berdonasi, terlebih akan masuk bulan puasa dan juga untuk masjid kan sepanjang masa," katanya lagi.

Dia menambahkan, bantuan yang disalurkan merupakan donasi dari orang-orang melalui Kitabisa.com.
Baca juga: Kitabisa.com-Dompet Dhuafa Lampung dan HMI sedekah Al Quran di Lampung Timur
Baca juga: Kemensos bersama Kitabisa.com serahkan bantuan Atensi dan donasi di Lampung Selatan


Pewarta : Riadi Gunawan
Editor : Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024