Metro (ANTARA) - Wali Kota Metro, Provinsi Lampung  Achmad Pairin memastikan stok bahan pokok seperti daging ayam, telur, beras dan bawang putih cukup sampai hari raya Idul Fitri 1440 H. 

"Tadi kita meninjau beberapa gudang bahan pokok di Kota Metro. Alhamdulillah kalau stoknya aman sampai Lebaran. Harganya juga masih relatif stabil," kata dia, di Kota Metro, Kamis. 

Ia menjelaskan, daging ayam sampai saat ini harganya masih stabil, namun kemungkinan harganya masih akan naik, begitupun dengan harga daging sapi  

"Tapi dengan persediaan yang cukup kalau pun naik harganya masih terjangkau. Kalau daging sapi persediaan juga cukup, tapi kemungkinan akan naik tetapi tidak terlalu signifikan. Dari Bulog juga ada daging beku, jadi mudah-mudahan bisa menekan agar tidak naik signifikan," jelasnya. 

Justeru, kata dia, harga bawang putih di pasar yang minggu lalu naik kemungkinan akan turun, sebab harga komoditas tersebut di grosir Rp.23 ribu.

"Kalau di grosir saja segitu harganya kemungkinan di pasar akan turun juga. Paling mahal mungkin Rp.30 ribu per kilogram," kata dia. 

Ia menambahkan, Pemkot Metro akan menggandeng pihak terkait untuk menggelar operasi pasar guna menekan harga sembako. 

"Jadi kalau pun naik masyarakat masih tetap bisa membeli. Operasi pasar kan untuk menekan harga, terutama harga bawang putih," tambahnya. 
 

Pewarta : Hendra Kurniawan
Editor : Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024