Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Ombudsman Perwakilan Lampung membuka pengaduan bagi masyarakat untuk menyampaikan laporan adanya kecurangan dan berbagai permasalahan dalam pelaksanaan ujian nasional yang akan dimulai Senin (13/4), untuk siswa SMA sederajat.

Ahmad Saleh David, Asisten Perwakilan Ombudsman Lampung, mewakili Kepala Perwakilan Ombudsman Provinsi Lampung Zulhelmi, di Bandarlampung, Minggu (12/4) malam, menegaskan bahwa pihaknya membuka pos pengaduan kecurangan UN tahun 2015 yang beralamat di Jl Way Ketibung No. 15 Pahoman Bandarlampung, Telp/Fax (0721) 251373.

"Silakan bagi masyarakat di seluruh Lampung untuk menyampaikan pengaduan berkaitan pelaksanaan UN tahun 2015 ini," ujar David pula.

Sebelumnya, Ombudsman Lampung telah menyerahkan Certificate of Complience (CoC) kepada belasan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung berdasarkan hasil penilaian pelayanan publik yang dijalankan satuan kerja dimaksud.

Ombudsman Perwakilan Lampung menilai tingkat kepatuhan yang diharapkan berada pada tingkatan tinggi bagi seluruh SKPD di Lampung, berdasarkan standar pelayanan menurut Undang Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, termasuk di dalamnya pelaksanaan standar pelayanan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung bersama dinas ini di seluruh kabupaten/kota di Lampung.

Kemendikbud akan tetap menggelar ujian nasional (UN) tahun 2015 ini untuk jenjang SMP/sederajat dan SMA sederajat yang berlangsung April hingga Mei 2015.

"Untuk jenjang SMA/sederajat, UN akan dilaksanakan pada 13--15 April 2015, sedangkan untuk SMP/sederajat pada 4--6 Mei 2015," ujar Mendikbud Anies Baswedan, dalam penjelasan tentang pelaksanaan UN 2015, di Jakarta.

Sedangkan untuk jenjang SD, seperti tahun lalu, pelaksanaan ujian akhir akan dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan masing-masing daerah.

"Hasil UN tidak akan menjadi penentu kelulusan, melainkan hanya sebagai pemetaan pendidikan di Indonesia," kata Anies lagi.

Kemendikbud telah mengatur jadwal terkait pelaksanaan UN 2015, yaitu pendataan peserta UN 31 Januari, sosialisasi UN akhir Januari, penetapan pemenang lelang UN 3 Februari, kontrak pengadaan bahan UN 13 Februari, penyerahan master soal UN 27 Februari, pencetakan bahan UN SMA pada 5--28 Maret, pengiriman bahan UN SMA 29 Maret--11 April, pengolahan hasil UN SMA 18 April--15 Mei, pengumuman hasil UN SMA 18 Mei, pengumuman hasil UN SMP pada 10 Juni 2015.

Terobosan baru juga diterapkan Kemendikbud dengan menerapkan pelaksanaan UN tahun 2015 berbasis komputer atau computer based test (CBT).

Di Lampung, sebanyak 14 sekolah, baik SMP sederajat, SMA/SMK sederajat negeri maupun swasta juga telah menyatakan siap melaksanakan UN Berbasis Komputer itu.

Kendati UN tahun ini tidak menjadi penentu kelulusan, namun kemungkinan terjadi kecurangan dan kebocoran soal maupun kunci jawaban UN tetap dapat terjadi.

Apalagi hampir setiap sekolah penyelenggara UN dan Dinas Pendidikan maupun pejabat terkait tetap menargetkan tingkat kelulusan yang tinggi bagi para siswa peserta UN tersebut.

Pewarta :
Editor :
Copyright © ANTARA 2024