BMKG: Waspadai Hujan Lebat-Petir di Lampung

id bmkg, hujan lebar dan petir, perairan lampung

BMKG: Waspadai Hujan Lebat-Petir di Lampung

Ilustrasi - Hujan disertai petir dan angin kencang. (Istimewa/google.com)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika menyampaikan peringatan dini kondisi cuaca buruk hujan lebat disertai petir dan angin kencang yang diperkirakan terjadi di sejumlah tempat di Provinsi Lampung pada Selasa hingga Rabu (27/9) pagi.

Menurut BMKG, seperti disampaikan petugas Forecaster on Duty Stasiun Meteorologi Radin Inten II Lampung, di Branti, Selasa, kewaspadaan potensi hujan dengan intensitas lebat yang disertai petir dan angin kencang itu diperkirakan terjadi di wilayah Kabupaten Lampung Timur, Lampung Tengah, Tanggamus, dan Pesisir Barat pada siang dan sore hari.

Apabila terjadi perubahan cuaca yang signifikan akan diperbaharui dan diinformasikan melalui Whatsapp Group (0816404333) dan media sosial Facebook (Infocuaca BMKG Lampung) atau bisa diakses langsung via website: www.stametlampung.com, ujar petugas dimaksud.

Prakiraan cuaca umum Provinsi Lampung berlaku 26 September pukul 07.00 WIB hingga 27 September 2017 pukul 07.00 WIB, menyebutkan angin secara umum bertiup dari arah timur hingga selatan dengan kecepatan antara 5-15 knot (9-29 km/jam). Jarak pandang berkisar antara 3-10 km.

Suhu udara secara umum berkisar antara 23-33 derajat Celsius, kecuali Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 18-29 derajat Celsius.

Kelembaban udara secara umum berkisar antara 62-95 persen, kecuali Lampung bagian barat (Kabupaten Lampung Barat, Tanggamus, dan Pesisir Barat) berkisar antara 70-98 persen.

Secara umum wilayah Lampung pagi hari diprakirakan cerah berawan hingga berawan, berpotensi hujan ringan hingga sedang di Tanggamus, Pesawaran dan Pesisir Barat.

Siang hari diprakirakan berpotensi hujan ringan hingga sedang di Kabupaten Lampung Tengah, Kota Metro, Kabupaten Lampung Timur, Kota Bandarlampung, Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, Pesisir Barat dan Lampung Barat.

Malam hari diprakirakan hujan ringan hingga sedang di Kabupaten Mesuji, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, Way Kanan, Lampung Utara, dan Lampung Barat.

Dini hari diprakirakan hujan ringan hingga sedang di Kabupaten Pesawaran, Pringsewu, Tanggamus, dan Pesisir Barat.

(ANTARA)