617 juta anak-rendah dalam membaca dan matematika

id 617 juta anak-rendah dalam membaca dan matematika, unesco

617 juta anak-rendah dalam membaca dan matematika

Ilustrasi. (unesco.org)

 Paris,  (Antara/Xinhua-OANA) - Laporan terkini dari Lembaga bagi Statistik UNESCO (UIS) pada Kamis (21/9) mengungkapkan 617 juta anak dan remaja di seluruh dunia tak mencapai tingkat kemampuan minimum dalam membaca dan matematika.

Angka paling tinggi dilaporkan di Sub-Sahara Afrika dan Asia Selatan serta Tengah, kata laporan tersebut.
 
 UIS, yang memperingatkan mengenai "krisis belajar", mendapati lebih dari 387 juta anak usia sekolah dasar dan 230 remaja usia sekolah menengah pertama tidak memiliki tingkat kekmampuan minimum dalam membaca dan matematika.

Menurut laporan tersebut, dua-pertiga anak-anak usia sekolah dasar dan lebih separuh anak usia sekolah pertama tak bisa mencapai tingkat kemampuan minimum dalam membaca, meskipun mereka berada di ruang kelas.

 UIS menyatakan masalah tersebut terjadi akibat kurangnya akses, dan anak-anak yang keluar dari sekolah hanya memiliki sedikit atau tidak memiliki kesempatan untuk mencapai tingkat kemampuan minimum, selain kegagalan untuk mempertahankan setiap anak tetap belajar dan mempertahankan mereka tetap di jalur. Kualitas pendidikan juga menjadi salah satu faktor.

 "Jumlah ini mengkhawatirkan, baik dalam hal penyia-nyiaan potensi manusia dan prospek untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan," kata Direktur UIS Silvia Montoya.

"Data baru itu adalah seruan untuk sadar bagi penanaman modal yang jauh lebih besar di bidang kualitas pendidikan," tambah wanita pejabat tersebut, sebagaimana dikutip Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat pagi. Ia menyatakan banyak anak "tidak tersembunyi atau terkucil dari masyarakat dan pemerintah mereka --mereka duduk di dalam kelas bersama potensi dan aspirasi mereka sendiri".