Panglima TNI: Bersama Rakyat TNI Pasti Kuat

id bersama rakyat tni pasti kuat, jenderal gatot nurmantyo, panglima tni

Panglima TNI: Bersama Rakyat TNI Pasti Kuat

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (FOTO: Antaranews.com/Dok)

...Bersama dengan rakyat TNI pasti kuat tidak bisa terkalahkan oleh siapapun juga," kata Jenderal Gatot...
Yogyakarta (ANTARA Lampung) - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengimbau seluruh jajaran prajurit TNI semakin dekat dengan rakyat seperti yang telah dicontohkan oleh Panglima Besar Jenderal Soedirman semasa hidupnya.

"Bersama dengan rakyat TNI pasti kuat tidak bisa terkalahkan oleh siapapun juga," kata Jenderal Gatot usai berziarah di Makam Panglima Besar Jenderal Soedirman, di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara, Yogyakarta, Selasa (19/9).

Menurut Gatot, karena pentingnya hubungan itu, Jenderal Soedirman sebagai pucuk pimpinan tentara Indonesia semasa hidupnya meletakkan doktrin "TNI lahir dari rakyat dan berjuang bersama, dan untuk rakyat".

Doktrin yang memosisikan rakyat sebagai ibu kandung TNI tersebut tidak mengenal zaman sehingga harus terus semakin mendekatkan hubungan TNI dengan rakyat.

"Doktrin ini tidak mengenal zaman, sampai sekarang justru semakin hari TNI harus semakin mendekat dengan rakyat," kata dia.

Sesuai tinjauan sejarah, menurut Gatot, tentara memang tidak bisa dipisahkan dari rakyat karena tentara lahir setelah proklamasi kemerdekaan. Sementara sebelum proklamasi kemerdekaan yang berjuang meraih kemerdekaan sesungguhnya adalah rakyat.

"Bohong kalau TNI yang berjuang memerdekakan bangsa. Rakyatlah yang berjuang karena setelah kemerdekaan baru ada TNI," Kata dia.

Karena pentingnya menjaga hubungan TNI dengan rakyat, menurut dia, Ulang Tahun TNI ke-72 pada tahun ini sengaja mengangkat tema "Bersama Rakyat TNI Kuat". "Karena ibu kandung TNI adalah rakyat," kata dia. (ANTARA)