KSEI Sosialisasikan Manfaat Kepemilikan Sekuritas

id Adisty Widyasari ksei

KSEI Sosialisasikan Manfaat Kepemilikan Sekuritas

Corporate Communications PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) Adisty Widyasari pada sosialisasi dan edukasi fasiltas Acuan Kepemilikan Sekuritas (AKses) di Bandarlampung, Kamis, (14/9) (Foto: Istimewa)

...Dengan diselenggarakannya program sosialisasi ini, diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat Lampung mengenai pentingnya pemantauan portofolio investasi secara langsung melalui fasilitas AKSes, khususnya untuk nasabah pasar modal, uj
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) menyosialisasikan dan edukasi fasiltas Acuan Kepemilikan Sekuritas (AKses) di berbagai daerah, termasuk di Lampung.

"Kali ini kota yang menjadi target sosialisasi adalah Bandarlampung," kata Corporate Communications KSEI Adisty Widyasari, di Bandarlampung, Kamis (14/9).

Ia menyebutkan dalam kegiatan tersebut KSEI bekerja sama dengan PT Bursa Efek Indonesia mengadakan acara edukasi kampus di Universitas Muhammadiyah Metro, silaturahmi dengan media dan investor.

Fokus pada kegiatan tersebut, lanjutnya, menyampaikan manfaat sarana perlindungan investor dan pemantauan portofolio investor yang disediakan KSEI, yakni fasilitas AKSes.

"Dengan diselenggarakannya program sosialisasi ini, diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat Lampung mengenai pentingnya pemantauan portofolio investasi secara langsung melalui fasilitas AKSes, khususnya untuk nasabah pasar modal," ujarnya.

Adisty Widyasari menjelaskan hadirnya fasilitas yang merupakan sarana transparansi informasi dan perlindungan investor tersebut, diharapkan dapat menarik minat investasi baru.

Ia menjelaskan, sosialisasi dan edukasi ini juga sejalan dengan kampanye "Yuk Nabung Saham" yang diselenggarakan regulator pasar modal untuk meningkatkan jumlah investor, khususnya investor domestik.

Menurutnya, peningkatan jumlah investor domestik di pasar modal menunjukkan hasil yang positif. Tercatat sejak akhir tahun 2016 investor domestik telah menguasai kepemilikan aset pasar modal.

Hal tersebut, lanjutnya, cukup menggembirakan mengingat investor asing sebelumnya pernah menguasai aset pasar modal hingga 65 persen.

Berdasarkan data KSEI per Agustus 2017, komposisi kepemilikan aset investor lokal sebesar 53 persen dibandingkan dengan kepemilikan investor asing yang sebesar 47 persen.


(ANTARA)