Gubernur Lampung Resmikan RS Bandar Negara

id gubernur ridho resmikan rs bandar negara, m. ridho ficardo, gubernur lampung

Gubernur Lampung Resmikan RS Bandar Negara

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian RSUD Bandar Negara Husada di Kotabaru, Kecamatan Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan, Kamis, 7/9/2017. (Foto: Tim Media M Ridho Ficardo)

...RS ini diharapkan terbaik, tidak hanya di Lampung tapi se-Indonesia. Ini dapat menjadi rujukan, tumpuan, dan ujung tombak layanan kesehatan bagi masyarakat, kata Ridho...
Jati Agung, Lampung  (ANTARA Lampung) - Gubernur Lampung M Ridho Ficardo meresmikan Rumah Sakit Umum Daerah Bandar Negara Husada sebagai RS tanpa kelas.

"RS ini diharapkan terbaik, tidak hanya di Lampung tapi se-Indonesia. Ini dapat menjadi rujukan, tumpuan, dan ujung tombak layanan kesehatan bagi masyarakat," kata M Ridho, di Jati Agung, Lampung Selatan, di Bandarlampung, Kamis (7/9).

Ia menyatakan, bahwa sudah menjadi kewajiban Pemerintah Provinsi Lampung dalam menyediakan layanan kesehatan bagi masyarakat.

Pihaknya, akan terus menyediakan layanan kesehatan bagi masyarakat, melakukan akselerasi untuk meningkatkan kualitas rumah sakit, terutama dari segi pelayanam, perlengkapan dan peralatan.

Gubernur menyatakan bahwa RS Bandar Negara Husada sebagai bagian dari kota baru, bukan semata disiapkan untuk kota baru, tapi disiapkan jauh lebih dari itu.

"RS Bandar Negara Husada disiapkan untuk menunjang RSUD Abdul Moeloek yang saat ini sering over kapasitas dengan adanya RS ini harapannya dapat memberikan dukungan layanan cepat-terpadu kepada masyarakat Lampung," ujarnya.

Di sisi lain, ia juga berpesan kepada jabupaten/kota untuk dapat memberikan layanan yang maksimal, sehingga layanan kesehatan dapat merata dan tidak hanya bertumpu di rumah sakit provinsi.

Kadis Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana menyatakan bahwa Rumah Sakit Bandar Negara Husada merupakan rumah sakit tanpa kelas yang memiliki fasilitas dan standarisasi layanan setara dengan rumah sakit kelas.

Ia melaporkan bahwa RS Bandar Negara Husada yang dibangun diatas tanah seluas 20 ribu hektare dan memiliki luas bangunan 9.915 meter persegi tersebut, memiliki 104 kamar pasien.

Selain itu, enam dokter umum, 34 perawat, 70 petugas kesehatan, dan masing-masing satu dokter spesialis anak, kandungan, anestesi, bedah, dan penyakit dalam.

Kemudian 19 bidan, dua apoteker, tiga tenaga kefarmasian, satu sanitarian, tiga nutrisionis, dan dua analis laboratorium.

Dalam peresmian tersebut juga dilakukan penandatanganan MoU antara PT Trans Lampung dengan Dinas Kesehatan Provinsi Lampung terkait penyediaan sarana transportasi, dan MoU dengan Kepala BPJS Cabang Bandarlampung terkait kerjasama untuk rujukan rumah sakit bagi pasien BPJS.

Dalam peresmian tersebut menyerahkan bantuan berupa mobil ambulans, obat pelayan kesehatan untuk 15 kabupaten/kota, makanan pendamping ASI, alat cetak sarana sanitasi untuk 15 kab/kota, serta uang operasional bagi duta HIV AIDS.

(ANTARA)