Ratusan Pelajar Lampung Ikuti Pelatihan Kearsipan

id yustin dan pelatihan kearsipan

Ratusan Pelajar Lampung Ikuti Pelatihan Kearsipan

Duta baca Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo saat memberikan sambutan pada sosialisasi kearsipan personal (student file) yang digelar Dinas Perpusatakan dan Kearsipan Provinsi Lampung, di GSG SMA Negeri 2 Bandarlampung, Selasa (5/8/2017). (Foto

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Sebanyak 500 pelajar sekolah menengah atas, sekolah menegah kejuruan dan madrasah aliyah se-Provinsi Lampung mengikuti sosialiasi kearsipan personal (student file).

"Sosialisasi ditargetkan mampu meningkatkan kemampuan pelajar menata arsip dari diri sendiri (personal arsip)," kata Kepala Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan Provinsi Lampung Herlina Warganegara, di Bandarlampung, Selasa.

Ia menyebutkan, kearsipan merupakan salah satu program yang dicanangkan Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo untuk mendorong pengelolaan arsip di Provinsi Lampung semakin baik.

Duta Baca Provinsi Lampung Aprilani Yustin Ficardo mengatakan tujuan penting sosialisasi student file bagi seluruh pelajar SMA ini adalah untuk mengenalkan, dan mengajak seluruh siswa sejak dini agar memahami pentingnya arsip.

Ia mengajak seluruh pelajar untuk mampu mengelola arsip dengan baik serta berharap seluruh peserta dapat mengikutinya dengan baik, sehingga informasi dan pengetahuan yang didapat dapat diterapkan dan diaplikasikan dengan baik.

"Marilah sejak dini kita menyimpan arsip tersebut dengan baik agar mudah untuk mencari arsip penting yang kita butuhkan. Hal ini berguna untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya hal terburuk, yaitu terjadinya kehilangan arsip-arsip penting," kata Yustin yang juga istri Gubernur Lampung itu.

Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Bandar lampung, Jumani Darjo, mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa.

"Output dari kegiatan ini untuk anak-anak adalah wawasan tentang pentingnya kearsipan. Pengetahuan seperti ini tidak mereka dapat di sekolah," kata Jumani.


(ANTARA)