Komite Teater DKL Selenggarakan Festival Monolog 2017

id festival monolog dkl

Komite Teater DKL Selenggarakan Festival Monolog 2017

Poster Fetival Monoton (Monolog Sing Ditonton), Komite Teater Dewan Kesenian Lampung, 7-10 September 2017. (wartaseni.com)

...Ini ibarat sebentuk ruang yang tepat untuk menguji atau meningkatkan kemampuan, menyediakan saluran kreativitas dan kesadaran yang barangkali macet oleh rutinitas, ujar GB...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Komite Teater Dewan Kesenian Lampung (DKL) menggelar hajat akbar Festival Monolog 2017 bertajuk "Festival Monoton atawa Monolog Sing Ditonton."

Menurut Alexander GB dari Komite Teater DKL, di Bandarlampung, Selasa, Festival Monolog 2017 ini bertujuan menciptakan generasi muda teater yang kreatif, inovatif, memiliki kepekaan dan kemampuan untuk menjawab berbagai persoalan yang berkembang di masyarakat dengan teater sebagai medianya.

"Ini ibarat sebentuk ruang yang tepat untuk menguji atau meningkatkan kemampuan, menyediakan saluran kreativitas dan kesadaran yang barangkali macet oleh rutinitas," ujar GB panggilan akrab Alexander.

Festival Monolog itu akan digelar di Graha Mahasiswa, Kampus Universitas Lampung, 7-10 September 2017 mulai pukul 19.00 WIB hingga selesai.

Lebih lanjut GB mengatakan Festival Monolog yang terbuka untuk umum ini akanmenghadirkan dewan juri berkulitas yang terdiri dari Iswadi Pratama (Sutradara dan Direktur Artistik Teater Satu Lampung), Ari Pahala Hutabarat (Sutradara dan Direktur Artistik Kober), dan Edy Samudera Kertagama (Sutradara Teater Kuman dan anggota Komite Teater DKL).

Festival yang menyediakan hadiah jutaan rupiah ini menyajikan naskah pilihan antara lain Hati yang Meracau (Edgar Allan Poe), Aeng (Putu Wijaya), Merdeka (Putu Wijaya), Bara di Hamparan Salju (Osman Saadi), Perempuan Pilihan (Iswadi Pratama), dan Clara (Seno Gumira Aji Darma).

Ketua Bidang I DKL Hari Jayaningrat mengatakan, Festival Monolog DKL 2017 ini diharapkan bisa menjadi ajang temu karya dan silaturahmi seniman teater di Lampung dan Indonesia.

"Ini merupakan salah satu wujud kontribusi Komite Teater DKL bagi perkembangan seni dan pemikiran di Lampung. Belasan puluhan pementasan monolog berkualitas akan disajikan dalam event ini," ujar Hari.

Ketua Umum DKL Yustin Ficardo berharap festival ini diharapkan dapat mendorong perkembangan teater ke arah yang lebih baik.

Menurutnya, pertunjukan-pertunjukan ini akan menjadi bukti kesungguhan insan teater dapat dipertanggungjawabkan. "Event ini sekaligus bisa menjadi hiburan yang berkualitas bagi masyarakat Lampung khusunya kaum muda," ujar Yustin.

Info kegiatan selengkapnya bisa menghubungi kontak Alexander GB 081272533337 atau Ahmad Jusmar pada nomor HP 082281715180.

(ANTARA)