130 pemuda Papua ikut seleksi bintara TNI AD

id TNI, Papua, Prajurit TNI

130 pemuda Papua ikut seleksi bintara TNI AD

Prajurit TNI/file (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Jayapura (Antara Lampung) - Sebanyak 130 orang pemuda asli Papua tengah mengikuti seleksi calon Bintara Karier TNI AD Tahun 2017, di wilayah teritorial Korem 172/PWY.
        
"Jadi, pada sidang pemilihan calon Bintara khusus pedalaman di Aula Makorem 172/PWY pada Jumat (25/8), diikuti 130 pemuda asli Papua," kata Komandan Korem (Danrem) 172/Praja Wira Yakti (PWY) Kolonel Bono C Pardede, di Jayapura, Minggu.
        
Ia mengemukakan pemuda Papua khususnya dari daerah pedalaman yang ikut mendaftar dan seleksi dalam penerimaan calon bintara khusus pedalaman TNI AD di wilayah hukum Korem 172/PWY pada tahun ini mengalami peningkatan 100 persen lebih, jika dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya 60 orang.
        
"Animo pendaftar selalu meningkat dari tahun ke tahun," katanya.
        
Para pemuda asli Papua sebanyak itu, kata Danrem, merupakan calon yang telah dibina oleh setiap satuan jajaran Korem 172/PWY untuk disiapkan menjadi seorang prajurit karier.
        
"Mereka semua sudah dibina oleh Babinsa di satuan jajaran sehingga mereka sudah siap fisik, mental dan kesehatan. Dan sejak Jumat kemarin sudah ada yang dinyatakan lulus pada sidang pemilihan Sub Panda Jayapura yang langsung dikirim ke Rindam XVII/Cenderawasih untuk melaksanakan seleksi tingkat pusat," katanya.
        
Sebelumnya, 130 pemuda Papua itu telah mengikuti seleksi tahap awal yaitu administrasi, kesehatan, jasmani, renang dan mental ideologi.
        
Dari informasi yang dihimpun, Sub Panda Jayapura meloloskan sebanyak 70 calon bintara untuk selanjutnya mengikuti seleksi tingkat pusat di Rindam XVII/Cenderawasih bergabung bersama para calon lainnya yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Papua. 


ANTARA