China pesat, infrastruktur Indonesia kalah sama India

id Tol, infrastruktur

China pesat, infrastruktur Indonesia kalah sama India

Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar (Samuel/istimewa)

Bandung (Antara Lampung) - Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang P.S Brodjonegoro menyatakan, pembangunan infrastruktur di Indonesia masih lambat dibandingkan beberapa negara lain sehingga perlu digenjot untuk memberikan dampak pada pertumbuhan ekonomi nasional.
         
"Indonesia ini masih kekurangan infrastruktur atau pembangunannya telat, sama India pun kita kalah," kata Bambang saat kuliah umum bertemakan "Memacu Pembangunan Infrastruktur dan Pertumbuhan Ekonomi" di Kampus ITB, Kota Bandung, Jumat.
         
Ia menuturkan, sejumlah negara Asia lain seperti India dan China telah berhasil mendorong pembangunan infrastruktur untuk menggenjot pertumbuhan ekonominya.
          
Sejumlah kota besar di negara itu, lanjut dia, menjadikan infrastruktur yang memadai sebagai modal untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lebih cepat.
         
"Di Jakarta ini ketinggalan sekali. Insfrastruktur bukan gagah-gagahan, tapi untuk modal biar lebih cepat," katanya.
         
Menurut dia, perlu adanya meningkatkan investasi oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN dan leading sektor lainnya untuk mendorong pembangunan infrastruktur dan perekonomian di Indonesia.

 
ANTARA