Rabu, 27 September 2017

Senam Tera Pengaruhi Tekanan Darah Usia Dewasa

id ilustrasi senam teri
Senam Tera Pengaruhi Tekanan Darah Usia Dewasa
Ilustrasi senam tera (Istimewa)
... hipertensi merupakan peningkatan tekanan darah sistolik sama dengan 140 mmHg dan atau tekanan darah diastolik sama dengan 90 mmHg...
Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Umitra Lampung I Wayan Bisma B melakukan penelitian ilmiah tentang pengaruh Senam Tera terhadap tekanan darah pada kelompok usia dewasa yang mengalami hipertensi.

Menurut I Wayan Bisma B, mahasiswa STIKes Umitra Program Studi Keperawatan, di Bandarlampung, Minggu, dengan dibimbing dosen Ns Nova Nurwinda Sari SKep MKep melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Senam Tera terhadap tekanan darah pada kelompok usia dewasa yang mengalami hipertensi di Dusun VII, Desa Rejobinangun, Kecamatan Raman Utara, Lampung Timur tahun 2017.

Dia menjelaskan, hipertensi merupakan peningkatan tekanan darah sistolik sama dengan 140 mmHg dan atau tekanan darah diastolik sama dengan 90 mmHg.

Hipertensi yang tidak segera ditangani berdampak pada muncul penyakit degeneratif, seperti penyakit jantung (hipertensi heart disease), gagal ginjal akhir (end stage renal disease), dan penyakit pembuluh darah perifer, katanya lagi.

Menurutnya, Senam Tera merupakan suatu aktivitas yang melatih fisik dan mental, memadukan gerakan-gerakan anggota tubuh dengan suatu teknik irama pernapasan melalui pemusatan pemikiran dan dilakukan secara beraturan, serasi, benar dan berkesinambungan.

Desain penelitian yang digunakan Bisma adalah quasy esperimen dengan pendekatan one group without control group design. Sampel yang dipilih pada kelompok eksperimen sebanyak 24 orang. Analisa data menggunakan uji T berpasangan.

Ia menegaskan, hasil penelitian dengan menggunakan uji Wilxocon diperoleh p-value=0,000 (p-value<0,05), sehingga dapat disimpulkan adanya perbedaan rerata tekanan darah sebelum dan sesudah melakukan Senam Tera pada kelompok usia dewasa yang mengalami hipertensi di Dusun VII, Desa Rejobinangun, Kecamatan Raman Utara, Kabupaten Lampung Timur tahun 2017.

"Saran bagi puskesmas agar Senam Tera dapat dijadikan terapi komplementer di puskesmas untuk mencegah peningkatan tekanan darah bagi penderita hipertensi, dan bagi responden dapat menambah wawasan serta pengetahuan untuk menurunkan tekanan darah dengan menggunakan Senam Tera," ujar Bisma lagi.


(ANTARA)

Editor: Samino Nugroho

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0074 seconds memory usage: 0.46 MB