Selasa, 26 September 2017

Waykanan Lakukan Gropyokan Tikus

id bupati waykanan, raden adipati surya, hama wereng, serangan wereng, asn, hama tikus, tikus
Waykanan Lakukan Gropyokan Tikus
Hama tikus. (dasar-pertanian.blospot.com)
Hama tikus harus cepat diatasi bila dibiarkan maka akan merusak tanaman padi milik petani
Waykanan,  (ANTARA Lampung)  Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perternakan Kabupaten Waykanan, Lampung akan melakukan gerebek tikus atau gropyokan tikus secara bersamaan di lahan pertanian milik masyarakat.

?Gerebek tikus ini pada Selasa tanggal 22 Agustus 2017 dilakukan secara bersama,? kata Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perternakan Kabupaten Waykanan Maulana Muhidan, di Waykanan, Minggu.

Menurutnya, gerebek tikus ini direncanakan dihadiri oleh Bupati, Wakil Bupati, Kapolres, Dandim 0427 WK, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Provinsi Lampung dan bersama masyarakat untuk melakukan gerebek tikus tersebut.

Untuk lahan pertanian yang akan dijadikan lokasi gerebek tikus yakni di Kecamatan Buay Bahuga, Bahuga dan Bumi Agung. Karena lahan di kecamatan tersebut sangat luas dan sangat cocok untuk dijadikan tempat gerebek tikus.

?Hama tikus harus cepat diatasi bila dibiarkan maka akan merusak tanaman padi milik petani,? terang Maulana.

Maulana mengharapkan semua pihak seperti petani, penyuluh pertanian lapangan, gapoktan, dan seluruh masyarakat bisa membantu menyukseskan gropyokan tikus karena ini bisa mengurangi hama tikus dan mengurangi dampak kerusakan setiap lahan pertanian yang ada di Kabupaten Waykanan.

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya siap mendukung program yang akan dilakukan dinas pertanian untuk melakukan gerebek tikus di lahan pertanian milik masyarakat, karena dengan cara ini masyarakat sangat terbantu untuk mengurangi hama yang ada di lahan milik mereka.

Hama tikus ini, kata dia, harus segera dibasmi secepatnya, karena sudah meresahkan para petani yang ada di Kabupaten Waykanan.

?Jangan sampai membuat para petani menjadi gagal panen, bila mereka gagal panen maka kebutuhan beras yang ada bisa berkurang,? kata dia.

Editor: Triono Subagyo

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0146 seconds memory usage: 0.46 MB