Pusaran eddy sebabkan Aceh berpeluang hujan

id Pusaran eddy berimbas Aceh berpeluang hujan, pusaran eddy

 Pusaran eddy sebabkan Aceh berpeluang hujan

Logo BMKG. (istimewa)

  
Banda Aceh, (ANTARA Lampung) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh menginformasikan seluruh wilayah di Aceh berpeluang dilanda hujan akibat imbas pusaran Eddy.

"Dampaknya dari Eddy ini, hampir seluruh wilayah di Aceh diguyur hujan. Mulai ringan sampai lebat," ujar Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Kelas I Blang Bintang, Zakaria di Aceh Besar, Selasa.

Menurutnya, fenomena alam berupa pusaran Eddy yang merupakan angin tertutup dan saat ini terpusat di Samudra Hindia memiliki dampak meluas hingga provinsi paling Barat di Indonesia.

 Pusaran udara Eddy yang lebih tepatnya terjadi di bagian Selatan dari Pulau Mentawai, Provinsi Sumatera Barat telah menimbulkan cuaca berawan dan relatif mendung sepanjang hari.

Seperti Senin (14/8), hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang terjadi di  kabupaten/kota yakni Aceh Selatan dan Aceh Tenggara.

 Lalu Gayo Lues, Subussalam, Singkil, Nagan Raya, dan diperkirakan meluas ke Aceh Barat, Pidie, Pidie Jaya, Bireun, Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Barat Daya, Aceh Utara, dan Lhokseumawe.

 "Ini disebabkan sebagian wilayah Aceh adalah daerah non zoom. Atau daerah yang selalu ada hujan, dan akibat imbas dari pusaran Eddy," katanya.

Kemarin dilaporkan, cuaca buruk merupakan imbas dari pusaran Eddy telah membuat pesawat kecil yang dipiloti sendiri oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, terpaksa mendarat darurat di Bandara Cut Nyak Dien, Nagan Raya.

Gubernur Irwandi dalam perjalanan pulang ke Bandara Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, usai melantik Akmal Ibrahim dan Muslizar sebagai Bupati/Wakil Bupati Aceh Barat Daya terpilih periode 2017-2022.

Komandan Kodim 0116/Nagan Raya, Letkol Mochamad Wahyudi mengatakan, gubernur Aceh dalam perjalanan pulang dari Bandara Kuala Batee, Blangpidie, Aceh Barat Daya.

  "Pesawat standby (bersiap) di Bandara Cut Nyak Dhein," terangnya.