Pastor Kanada nilai Korut berniat baik

id Korea Korea Utara bebaskan pastor Kanada, rudal, misil

Pastor Kanada nilai Korut berniat baik

Pastor Kanada Hyeon Soo Lim saat menjalani persidangan di Pyongyang Korea Utara pada Desember 2015/file. (Reuters/KCNA)

Toronto (Antara/Reuters) - Pastor Kanada Hyeon Soo-lim yang ditahan di penjara Korea Utara lebih dari 2,5 tahun pada Minggu mengatakan dia menduga hukuman seumur hidupnya yang dihentikan pada minggu lalu bertujuan mengurangi tekanan pada Pyongyang.
        
"Saya percaya (pemimpin Korut) Kim Jong-un membebaskan saya sebagai pertanda niat baik mereka dalam menghadapi begitu banyak retorika," kata pendeta berusia 62 tahun itu di sebuah aula ibadah yang penuh sesak di pinggiran kota Toronto.
        
Saat itu merupakan penampilan publik pertama dia sejak pembebasannya pada Rabu selama seminggu ketika Washington dan Pyongyang saling mengeluarkan ancaman kekerasan yang kian meningkat di tengah perselisihan mereka mengenai program nuklir Korut.
        
Pemerintah Kanada telah menolak untuk membahas negosiasi yang menyebabkan pembebasan Lim.
        
Dengan mengenakan setelan abu-abu longgar dan berbicara dengan bahasa aslinya yakni bahasa Korea, Lim menggambarkan kehidupan paksa yang sulit dalam ruang isolasi, dimana dia dipaksa menggali lubang di tanah beku selama dua musim dingin.
        
"Lumpur itu sangat keras sehingga butuh dua hari untuk menggali satu lubang, 16 jam," katanya kepada ratusan jemaah paroki.
        
Dia mengatakan bahwa kesehatannya memburuk dalam dua bulan pertama di kamp kerja paksa, dan berat badannya turun 23 kilogram, namun dia menambahkan bahwa kondisi kesehatannya kini membaik.

Antara/Reuters
Devi/M Anthoni