Imunisasi Campak-Rubella Sudah 35,6 Persen

id imunisasi campak mr

Imunisasi Campak-Rubella Sudah 35,6 Persen

Petugas Puskesmas Sindangbarang Bogor memberikan imunisasi campak Measles Rubella kepada siswa di SD Insan Kamil, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/8/2017). (ANTARA FOTO/ARIF FIRMANSYAH)

...Angka terakhir 35,6 persen di hari ke-13, atau 12.576.729 anak sekolah yang sudah diimunisasi, kata Subuh...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Program imunisasi campak dan rubella dengan vaksin Measless Rubella (MR) sudah mencapai 35,6 persen di hari ketiga belas dalam masa pelaksanaanya di Pulau Jawa.

Direktur Jenderal Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Kementerian Kesehatan M Subuh di Jakarta, Senin, (14/8) mengatakan capaian tersebut sudah lebih dari yang diharapkan.

"Angka terakhir 35,6 persen di hari ke-13, atau 12.576.729 anak sekolah yang sudah diimunisasi," kata Subuh.

Dia optimis bahwa target imunisasi mencakup 95 persen anak usia sembilan bulan sampai 15 tahun di Pulau Jawa bisa terealisasi.

Subuh menjelaskan Kementerian Kesehatan menargetkan target imunisasi mencapai 60 persen di bulan Agustus, yang mana dilaksanakan di sekolah-sekolah.

Sementara pada September yang dilakukan di berbagai fasilitas pelayanan kesehatan ditargetkan 35 persen.

Subuh memaparkan antusias masyarakat, khususnya orang tua, cukup besar terhadap program imunisasi campak dan rubella.

"Antusias masyarakat juga untuk mengimbau anak sendiri, membawa anak sendiri di sekolah itu cukup tinggi dibanding imunisasi lain," kata dia.

Subuh memaparkan partisipasi masyarakat program imunisasi MR paling tinggi di Jawa Tengah mencapai 23 persen. Sementara persentase capaian paling rendah adalah DKI Jakarta dengan 700 ribu anak yang sudah imunisasi campak dan rubella.

(ANTARA)