Novel Baswedan Diperiksa Penyidik Dengan 20 Pertanyaan

id novel baswedan diperiksa penyidik polri, kasus penyiraman air keras, febri diansyah, juru bicara kpk

Novel Baswedan Diperiksa Penyidik Dengan 20 Pertanyaan

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi )KPK) Febri Diansyah (FOTO: Antaranews.com/Dok)

...Kami berharap memang ada informasi yang signifikan sehingga bisa mengungkap pelakunya," ucap Febri...
Jakarta (ANTARA Lampung) - Novel Baswedan menjalani pemeriksaan oleh penyidik Polri di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura, Senin (14/8). Dalam pemeriksaan itu penyidik mengajukan 20 pertanyaan kepada Novel.

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah menginformasikan bahwa penyidik Polri mengajukan 20 pertanyaan saat memeriksa Novel Baswedan.

"Tadi kami dapat informasi pemeriksaan sudah selesai sekitar pukul 17.00 waktu setempat. Ada sekitar 20 pertanyaan yang ditanyakan terkait dengan peristiwa pada pada 11 April dan kronologis sebelum dan sesudah itu. Tentu yang yang diketahui oleh Novel," kata Febri di Gedung KPK RI, Jakarta, Senin.

Febri mengatakan bahwa KPK berharap setelah pemeriksaan tersebut, ada analisis lebih lanjut untuk mengungkap pelaku penyerangan dengan air keras terhadap Novel tersebut.

"Kami berharap memang ada informasi yang signifikan sehingga bisa mengungkap pelakunya," ucap Febri.

Terkait dengan pernyataan Novel yang menyampaikan keterangan tambahan saat pemeriksaan tadi yang intinya berisi kekecewaan terhadap penyidikan kasus tersebut, Febri menyatakan bahwa KPK belum mendapat informasi soal itu.

"Saya belum dapat informasi secara rinci, yang kami dapatkan informasinya adalah pemeriksaan seperti apa, kemudian pertanyaan apa saja yang diajukan. Bagi KPK, kami secara institusional berharap pelakunya bisa ditemukan setelah ini," tuturnya.

Setelah pemeriksaan oleh Polri itu, Novel akan beristirahat dan melakukan sejumlah persiapan sebelum operasi besar terhadap mata kirinya pada Kamis (17/8). Direncanakan operasi itu akan dilakukan dalam dua tahap.

Tahap pertama, akan dilakukan penanaman jaringan gusi dan pipi di mata kiri dan hasilnya harus menunggu perkembangan selama dua bulan setelah operasi.

Setelah itu, melepas dan melihat perkembangan untuk penglihatan dalam waktu dua minggu. Perawatan pascaoperasi akan butuh waktu yang relatif cukup panjang.

Novel Baswedan diserang dua orang bersepeda motor dengan air keras ketika dalam perjalanan pulang setelah menunaikan shalat Subuh dari masjid dekat rumahnya, Selasa (11/4).

Novel adalah salah satu penyidik senior KPK yang antara lain menangani kasus korupsi dalam pengadaan KTP elektronik. (ANTARA)